Thursday, 15 November 2018

Laut Kepulauan Seribu Dikotori Sampah

Minggu, 6 April 2014 — 22:11 WIB
pahlaut

KEPULAUAN SERIBU (Pos Kota) – Perairan lima pulau di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Untungjawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa kini dikotori sampah. Sebab hingga saat ini masih banyak warga maupun penumpang kapal seenakknya membuang sampah.

Atas aksi buang sampah ke laut mendapat kecaman dari warga Kepulauan Seribu. Pasalnya, perilaku tersebut dinilai dapat mengganggu keindahan dan merusak ekosistem laut Kepulauan Seribu.

“Saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu semakin hari terus meningkat. Tidak sedikit dari mereka kadang membuang sampah ke laut, kami warga di sini mengajak seluruh warga dan wisatawan bersama-sama menjaga kebersihan agar perairan di Kepulauan Seribu itu bersih dari sampah,”kata Sockat,28.

Bupati Kepulauan Seribu, meminta pemilik kapal menyediakan bak sampah di dalam kapal, sehingga tidak ada lagi penumpang membuang sampah sembarangan. “Mari kita jaga laut kita, jangan membuang sampah sembarangan. Karena laut bukan tempat sampah, tapi perlu kita jaga kebersihannya bersama-sama, kalau bukan kita siapa lagi,” tutupnya.

“Perairan Kepulauan Seribu ini memang dialiri 13 sungai. Dari jumlah itu seluruhnya mengirim sampah ke perairan, akibatnya kami yang mendapat getahnya. Kedepan saya akan mengusulkan agar seluruh pintu air harus ada penyaringan agar sampah tidak terus membanjiri laut,”katanya. (Wandi)

Foto ilustrasi