Sunday, 18 November 2018

Dibangun, Waduk Kendal di Rorotan – Cilincing

Senin, 7 April 2014 — 20:12 WIB
Waduk Kendal01

CILINCING (Pos Kota) – Belum selesai pembangunan waduk Marunda, di Kawasan Bambu Kuning RW 2 Marunda, Pemda DKI Jakarta membangun Waduk Kendal di Rorotan, Cilincing Jakarta Utara.

Enam unit beko melakukan pengeruk lumpur dipersawahan 21hektar yang direncanakan. Hari ini Selasa (8/4) rencananya Gubernur DKI Jakarta akan melakukan Ground Breaking Pembangunan Waduk Kendal Rorotan Nusakirana.

Wakil Walikota Jakarta Utara Tri Kurniadi didampingi Sekertaris Kota Junaedi saat meninjau ke lokasi menjelaskan, pembangunan waduk Kendal Rorotan merupakan kewajiban fasos dan Fasum milik pengembang.

Waduk ini nantinya berguna untuk menampung pasokan air dari wilayah Marunda,Rorotan, serta arus kali dari kawasan Cakung Timur yang tidak bisa masuk ke dalam Banjir Kanal Timur (BKT) Marunda. Selain itu, waduk ini juga terintegrasi dengan Kali Blencong.

“Pembangunan Waduk ini merupakan salah satu program Pemda DKI Jakarta dalam meminimalisir maupun mengantisipasi banjir saat hujan deras turun” kata Wakil Walikota.

Ditambahkan Tri Kurniadi, proses pembangunan Waduk kendal Rorotan ini tidak mengalami kendala. Pasalnya lahan yang akan di kuras ini milik Pengembang yang berbentuk lahan persawahan.

“Kalau waduk Kendal ini tak perlu melakukan pembebasan rumah warga karena lahan hanya berbentuk persawahan” ujarnya.

Sementara itu itu Kepala Alkal DPU DKI Jakarta Aris Nandika, dalam pengerukan awal ini pihaknya mengerahkan sebanyak 6 unit beko. Untuk sementara pihaknya baru membuat waduk sekitar 7 hektar.

“Memang rencananya ada sekitar 21 hektar lahan yang akan dibangun, namun sekarang ini baru kita kerjakan 7 hektar terlebih dulu,”katanya.

Sedangkan, Tarta 46, sangat menyayangkan pembangunan waduk tersebut. Menurut, warga RW 5 Marunda meskinya pemerintah menuntaskan terlebih dulu pembangunan Waduk Bambu Kuning Marunda.

Mengingat hingga saat ini waduk tidak dikerjakan lagi proses pengerukannya. Kemudian membuka lahan baru waduk yang jaraknya hanya 500 meter dari Waduk Marunda.

“Meskinya satu-satu dulu dikerjakan. Sebab Waduk Marunda saja hingga kini belum selesai, malah sekarang bikin waduk baru,” ujarnya. (wandi/d)

foto: Para petugas dengan membuat waduk di kawasan Rorotan, Clincing, Jakarta Utara. (wandi)