Tuesday, 20 November 2018

Pelajar SMP Ikuti Penyuluhan Anti Narkotika

Senin, 7 April 2014 — 9:53 WIB
smp1

DEPOK (Pos Kota) – Untuk menyelamatkan pengaruh narkotika di kalangan generasi muda, petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Depok, melakukan sosialisasi anti narkotika kepada pelajar SMP Islam Terpadu At-Taufiq, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Senin (7/4) pagi.

Acara yang dihadiri 50 pelajar ini berisi pengetahuan tentang permasalahan penyalahgunaan narkotika mulai dari bahaya mengkonsumsi narkoba serta dampak yang akan ditimbulkan. Acara ini mendapat perhatian para pelajar tersebut.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi Dayamas) BNK Depok, Dr. Rubiyanto Darmowidjojo mengatakan pengguna narkotika di kalangan pelajar dan mahasiswa masih cukup tinggi. Data di tahun 2011 ada 4 juta jiwa pengguna narkoba, di antarnya ada yang berstatus pelaajr dan mahasiswa.

“Dari 4 juta jiwa penyalahgunaan narkotika, pemerintah dengan fasilitas rehabilitasinya baru dapat melayani 18.000 orang untuk disembuhkan,” katanya.

Kendala BNNK dalam menekan angka penyalahgunaan narkotika adalah minimnya fasilitas rehabilitasi yang disediakan pemerintah pusat maupun daerah sehingga bagi pengguna narkoba masih diproses secara hukum oleh pihak yang berwajib. “Harusnya mereka tidak diproses hukum, tapi direhabilitasi. Kecuali bagi pengedar, diproses hukum,” ujarnya.

Rubiyanto berharap dengan menjadikan kader anti narkoba di kalangan siswa maupun siswi di Lingkungan SMP Islam Terpadu At-Taufiq, diharapkan bisa bebas dari narkotika. (angga/yo)

Teks foto: Guru SMP Islam Terpadu At-Taufiq mendapat piagam penyuluhan narkotika dari BNNK. (angga)