Wednesday, 14 November 2018

Polda Metro Koordinasi Dengan KPU DKI

Tahanan Bisa Mencoblos di TPS Terdekat

Senin, 7 April 2014 — 13:44 WIB
TPS PILKADA KOTA BEKASI MASIH SEPI

JAKARTA (Pos Kota) – Untuk mengakomodir hak suara para tahanan di Polsek dan Polres,  Polda Metro Jaya akan berkordinasi dengan pihak KPU DKI untuk melakukan jemput bola langsung kepada para tahanan. Upaya tersebut dilakukan lantaran tidak adanya tempat pemunguta suara (TPS) khusus di setiap tahanan baik di Poldak, Polres maupun Polda Metro Jaya.

Sementara mereka bisa saja memberikan hak suaranya di TPS terdekat, namun waktunya hanya satu jam yakni mulai pukul 12.00 sampai pukul 13.00, setelah semua pemilih di TPS tersebut memberikan hak suaranya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan  pihaknya siap mengakomodir hak suara para tahanan.

Menurutnya setiap polsek dan polres di wilayahnya sudah diinstruksikan untuk menerima petugas Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) yang datang melakukan jemput bola guna pengambilan suara para tahanan.

“Nanti petugas di TPS akan jemput bola kepada pada para tahanan di setiap polsek, polres dan di Polda Metro, mulai pukul 12.00. Jadi para tahanan tetap dapat memberikan hak suaranya,” kata Rikwanto, Senin (7/4).

Ia menambahkan, walau di tahanan pelaksanaan proses pengambilan suara tetap sama. Petugas KPPS katanya akan datang membawa kotak suara dan surat suara. “Sebab memang tidak ada TPS khusus yang dibuat KPU di tahanan kantor polisi,” ujarnya. Saat ini jumlah tahanan di seluruh jajaran Polda Metro Jaya sebanyak 2.700 orang. (yahya/yo)