Thursday, 21 June 2018

Beton Penutup Saluran di Jalan Kapuk Raya Dibongkar

Selasa, 8 April 2014 — 7:07 WIB
brander

CENGKARENG (Pos Kota) – Inrit atau beton penutup saluran air di Jalan Kapuk Raya di RW 01 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) dibongkar aparat Sudin PU Tata Air. Upaya ini untuk melancarkan aliran air dan mendukung program pengeringan Kampung Apung.

Selama ini saluran air di lokasi tersebut banyak tertutup beton yang dibangun oleh warga atau perusahaan. Akibatnya aliran air menjadi tidak lancar karena tersumbat coran semen atau besi, sehingga setiap hujan langsung timbul genangan.

“Beton-beton penutup saluran tersebut kami bongkar dengan menggunakan bekho karena kalau manual tidak mampu. Betonnya ketebalannya sampai empat lapis,” jelas Kasi Pemeliharaan Sudin PU Tata Air Jakbar, Amir Pangaribuan, Senin (7/4).

Setelah inrit dibongkar, endapan lumpur yang memenuhi saluran langsung dikuras. Pembongkaran dan pengurasan ini juga untuk mendukung program pengeringan Kampung Apung. Di mana nantinya air dari kawasan yang terendam selama 24 tahun tersebut dialirkan ke saluran di Jl Kapuk Raya.

“Air dari Kampung Apung dialirkan ke saluran di Jl Kapuk Raya dan nantinya disedot untuk dibuang ke Kali Cengkareng Drain,” kata Amir.

Ditambahkan, selain menggunakan alat berat, pihaknya juga mengerahkan 40 pekerja untuk menguras saluran di Jl Kapuk Raya dan membersihkan sampah yang ada di Kampung Apung. (Tarta)

Teks : Petugas Sudin PU Tata Air Jakbar tengah membongkar beton penutup saluran di Jl Kapuk Raya. (Tarta)