Monday, 12 November 2018

Lima Kecamatan Ditunjuk Kembangkan Budaya Betawi

Jumat, 11 April 2014 — 17:38 WIB
kerak telor

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Melestarikan seni dan budaya Betawi, Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan membidik lima kecamatan yang memiliki ciri khas Betawi.

“Kami akan mengembangkan dan melestarikan budaya dengan kearifan lokal. Saat ini akan mengembangkan potensi budaya Betawi di lima kecamatan yang sudah memiliki karakteristik khusus,” papar A Syahropi, Kasudin Kebudayaan Jakarta Selatan, Jumat (11/4).

Kelima kecamatan meliputi kawasan Kemang yang terkenal dengan Palang Pintu, seni Gambang Kromong di Cipedak, Cipulir dan Ulujami yang beken dengan Silat Beksi, Asem Baris Tebet dengan aneka kuliner dan Kerak Telor di Tegal Parang.

Ia bermaksud menggali keunikan ataupun ciri khas di lima kecamatan itu agar lebih dikenal masyarakat luas. Saat ini yang sudah aktif menggalakkan seni budaya Betawi yakni Kemang dengan Festival Palang Pintu yang diadakan setiap HUT DKI.

“Pemkot  sudah seharusnya mengangkat potensi masyarakat. Caranya dengan memberikan fasilitas dan menjembatani budaya-budaya yang dimiliki wilayah agar bisa lebih berkembang,” tandasnya.

Seperti di Cipulir dan Ulujami pernah mengadakan festival pencak silat Betawi. Hanya saja sifatnya lokal sehingga belum terpublikasikan ke masyarakat. Ia berjanji akan mencarikan sponsor untuk memajukan seni budaya di kedua kawasan itu. (rachmi/yo)