Sunday, 18 November 2018

Tempat Pembuangan Sampah Liar di Ciracas Ditutup

Jumat, 11 April 2014 — 8:10 WIB
pahgun

CIRACAS (Pos Kota) – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di Jalan Raya Centex Gg. Masjid RW 10, Ciracas, Jakarta Timur, mulai dibersihkan. Rencananya, di lahan seluas 3000 meter akan dirubah menjadi embung (tempat penampungan air).

Camat Ciracas, Rommy Sidarta menuturkan, pembersihan sampah di TPS liar itu dilakukan pihaknya bersama Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur dengan total 50 petugas. “Kami akan langsung menutup kawasan ini agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” katanya Kamis (10/4).

Menurutnya, setelah TPS yang menimbulkan banyak permasalahan itu ditutup, pihak kecamatan berencana menjadikan lokasi tersebut sebagai embung yang berfungsi sebagai penampungan dan resapan air. “Kawasan ini juga kerap tergenang, pembuatan embung dirasa dapat menjadi cara jitu untuk mengurangi genangan,” ujarnya.

Dikatakan Rommy, sambil menunggu bersedianya pemilik lahan atas upaya perubahan tempat tersebut, pihaknya akan menanami pohon produktif. “Kita juga akan sisakan sedikit tempat untuk warga agar tetap bisa membuang sampah sesuai permintaan warga,” ungkapnya.

Abas, 63, warga RT 001/10 Ciracas, mengaku sangat mendukung sikap pemerintah yang langsung turun tangan. Ia berharap, nantinya petugas kebersihan rutin mengangkut sampah. “Begitu mendengar kawasan ini juga akan dijadikan embung, pastinya warga akan sangat senang. Ini yang sudah lama dinanti-nantikan,” ungkapnya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pengendalian Banjir Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Supriyatno mengakui, kawasan tersebut memang langganan banjir karena berada di dataran rendah. Pihaknya akan menindaklanjuti permintaan warga tersebut. “Kami menunggu surat dari kelurahan atau kecamatan, nanti kita teruskan ke pimpinan,” ujarnya.

Menurutnya, memang di permukiman di RW 10 Ciracas kerap dilanda banjir lantaran berada di dataran rendah. Karena adanya keluhan warga terkait banjir, ia mengaku pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan tersebut. “Yang paling utama, kami akan dilakukan pengecekan dan kajian terkait pengadaan tangkapan air di lokasi tersebut,” tukasnya.

Teks : Beberapa petugas terlihat saat membersihkan tumpukan sampah di TPS liar di Ciracas, Jakarta Timur. (Ifand)