Friday, 16 November 2018

Garong Necis Satroni Rumah Pedagang Mainan

Minggu, 20 April 2014 — 22:25 WIB
rampok(1)

KOJA (Pos Kota) – Kawanan garong menggunakan mobil Kijang menyatroni rumah pedagang mainan di Jalan Menteng Terusan, RT 08/08, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (20/4).

Pemilik rumah, Frans Tan Jaya, 56,  diborgol oleh tiga pelaku lalu membawa kabur TV, uang Rp 5 juta, gelang dan cincin emas 5 gram.

“Korban mengaku sempat ditodong menyerupai senpi lalu tangannya di borgol dan di masukkan ke kamar anaknya,” kata Kapolsek Koja, Kompol TP. Simangunsong.

Aksi kawanan garong berjas itu terjadi, sekitar pukul: 12.30. Korban saat itu sedang sendiri di rumahnya, sementara anak dan istrinya sedang keluar rumah. Tiga pelaku berpenampilan necis kemudian mendatangi rumah tersebut menggunakan mobil Kijang Innova berpura-pura sebagai tamu.

Kondisi kawasan yang agak sepi garong tersebut lalu merusak gembok pagar rumah.  “Mereka kira rumah tersebut sedang kosong, karena lampu di depan rumah korban masih menyala,” tukas Simanungsong.

Pelaku kemudian pura-pura bertamu ke rumah korban sambil membuka pagar rumah. Begitu ingin masuk ternyata penghuni rumah masih ada. “Keterangan saksi Sarwoto, sempat melihat para pelaku berhenti di depan rumah tersebut sambil menelepon seseorang. Saksi tidak curiga karena penampilan mereka rapi. Dia juga tidak mengetahui no pol mobil tersebut,” ujar Simangunsong.

Ketika masuk ke dalam rumah, di ruang keluarga pelaku kemudian menodongkan menyerupai senpi kepada korban.

Korban yang ketakutan hanya bisa diam tangannya lalu diborgol dan dimasukkan ke dalam kamar anaknya.

Pelaku lalu dengan leluasa menguras barang-barang berharga di rumah korban. “Kita masih melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan beberapa saksi di sekitar rumah korban,” ucap Simangunsong. (ilham/d)