Sunday, 23 September 2018

Selagi Bapak Jadi Menteri, Anak Coba-coba Korupsi

Senin, 21 April 2014 — 0:12 WIB
SS PAK GUN

AJI mumpung paralel dengan tak punya malu. Bapak jadi menteri, anak cari kesempatan cari proyek. Inilah kelakuan Riefan Avrian, putra Menteri Koperasi & UKM, Syarif Hasan. Ada proyek videotron di kantor bapak, ujug-ujug bikin PT dengan Dirut sopirnya. Karena anak babe, meski penawaran mahal dimenangkan juga.

Tapi begitu jadi masalah, yang jadi tersangka hanya si sopir, sementara Riefan hanya saksi. Bagaimana dengan Syarif Hasan? Katanya sih hanya pasrah. Enak betul!

Orang bijak mengatakan, kesempatan itu hanya datang sekali. Riefan Avrian tahu persis itu, sehingga mumpung ayahnya jadi menteri Koperasi & UKM, dia aji mumpung main proyek di kantor bapak. Agar tidak mencolok mata, dibentuklah PT Imaji Media, dengan Dirutnya Hendrasaputra, bekas sopirnya.

SS PAK GUN-475

Namanya juga anak babe, meski penawaran PT Imaji Media lebih tinggi dimenangkan juga. Akhirnya proyek pengadaan videotron senilai Rp 23,5 miliar itu digarapnya. Tapi hasilnya ketika diaudit BPK sangat mengecewakan, negara dirugikan Rp 4,78 miliar.

Hendra Saputra sang Dirut abal-abal dan termasuk pejabat pembuat komitmen di Kementrian Koperasi & UKM, jadi tersangka. Tapi ironisnya, Riefan selaku otak proyek penggangsir uang negara ini hanya dijadikan saksi.

Makin ironis adalah, sikap Menteri Syarif Hasan yang hanya bilang pasrah atas nasib anaknya. Kalau dia jantan dan ingin memberikan keteladanan, mestinya langsung mundur begitu tahu anaknya terlibat. Atau mungkin dia berfikir, mundur juga tanggung, wong jadi menteri tinggal beberapa bulan.

Apakah Syarif Hasan tidak tahu anaknya main proyek di kantornya? Rasanya tak masuk akal. Mestinya begitu dengar ada sas-sus putranya main, langsung ditegur dan jangan dilanjutkan. Ingat dan contohlah Jendral Hugeng. Begitu dia jadi Kapolri (1968-1971), istrinya dilarang buka toko bunga. Sebab Kapolri khawatir, nantinya orang berbondong-bondong beli bunga ke sana karena melihat jabatan suaminya.

Tapi sifat aji mumpung bukan monopoli anak Syarif Hasan. Banyak pejabat negara yang dimanfaatkan keluarganya; hanya belum ketanggor (kena batunya) saja. Contoh paling anget adalah Tubagus Wawan dari Banten, kakak dan istrinya dimanfaatkan untuk menggangsir uang negara. – gunarso ts

  • rengga irawan.779

    tulll…thx mas Gunarso

  • wakil rakyat

    Ingat kasus yang tidak dilanjutkan ketika istrinya Syarif Hasan ditidurin anaknya Riefan Avrian.Maklum si Syarif Hasan sudah Letoy.