Monday, 17 June 2019

Banyak Artis Gagal ke Senayan

Sabtu, 26 April 2014 — 23:51 WIB
rhioma

JAKARTA (Pos Kota) – Popularitas bukan jaminan bisa lolos ke Senayan, atau menjadi anggota DPR. Setidaknya itu, tercermin dari banyaknya artis yang tidak mendulang suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Namun, ada juga artis pendatang baru dalam dunia politik ternyata berhasil lolos ke Senayan.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens yang dihubungi di Jakarta, Sabtu, menilai banyak artis yang gagal ke Senayan karena banyak di antara mereka yang tidak dikenal masyarakat di daerah pemilihannya (Dapil). “Ini menunjukkan masyarakat kita sudah cerdas dalam menentukan siapa yang akan dipilihnya,” papar Boni.

“Mereka (artis) banyak yang tinggal di Jakarta sehingga tidak begitu dekat dengan masyarakat, khususnya di Dapil. Selain itu, masih adanya politik uang, bisa jadi artis itu tergeser karena artis lebih mengandalkan kepopularitasnya,” papar Boni.

ARTIS GAGAL

Seperti diketahui artis Nurul Arifin, salah satu artis yang gagal ke Senayan yang menjadi calon legislatif (caleg) Partai Golkar dari dapil Jawa Barat VIII (Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta).

Nurul yang dihubungi lewat telepon selulernya, Sabtu malam, untuk dikonfirmasi kegagalannya menjadi caleg tidak menjawab. Selain itu, artis dan model Angel Lelga Anggreani yang maju sebagai caleg dari Partai Persatuan Pembanguna (PPP) Dapil Jawa Tengah V juga gagal menuju Senayan.

Putra Raja Dangut Rhoma Irama, Ridho Irama dan Vicky Rhoma juga gagal melenggang ke Senayan yang menjadi caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Vicky bertarung di dapil Banten I (Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak). Sedangkan Ridho dari dapil Jawa Barat V (Kabupaten Bogor). Masih banyak artis lainnya yang gagal menuju Senayan.

ARTIS LOLOS

Namun demikian, masih ada sejumlah artis yang lolos ke Senayan, misalnya, Eko Patrio lolos ke Senayan untuk kedua kalinya. Eko caleg dari PAN ini menjadi anggota DPR untuk kedua kalinya. Pileg kali ini berada di Dapil Jawa Timur VIII (Kota & Kab. Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun).

Rieke “Oneng” Diah Pitaloka sukses kembali menjadi anggota DPR. Caleg dari PDIP ini masuk di Dapil Jawa Barat VII (Kab. Bekasi, Kab. Karawang, dan Kab. Purwakarta). Dede Yusuf caleg Parta . Demokrat juga lolos ke Senayan untuk Dapil Jawa Barat II (Kab. Bandung – Kab. Bandung Barat).

Mengejutkan tampil muka baru dalam jajaran artis yang menjadi caleg DPR yakni, Anang Hermansyah dari PAN untuk Dapil Jawa Timur III (Jember – Lumajang), dan Desy Ratnasari dari PAN Dapil Jawa Barat IV (Kabupaten dan Kota Sukabumi). Muka baru lainnya, Jamal Mirdad dari Partai. Gerindra dari Dapil Jawa Tengah I (Kab. Kendal, Kab. Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang). (johara)
Ridho Irama