Monday, 26 August 2019

Koalisi Parpol Berbasis Islam Masih Terbuka Usung Capres

Minggu, 27 April 2014 — 10:56 WIB

DEPOK (Pos Kota) – Koalisi partai politik berbasis Islam untuk mengusung calon presiden (capres) masih terbuka lebar. Alasannya, 2014 momentum parpol Islam menegakkan demokrasi Pancasila yang mensejahterakan bangsa & negara.

Sekretaris Umum (Sekum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH Rafani Akhyar, mengungkapkan, koalisi parpol Islam sangat terbuka dan saat yang tepat. Karena perolehan suara PKB, PAN, PPP dan PKS bisa mencapai 32 persen dalam pemilu legislatif (Pilleg) 9 April lalu.

“Modal kuat mengusung capres itu kian terbuka bila ditambah Partai Demokrat yang bersedia bergabung,” ujarnya saat dihubungi wartawan. Ia sempat membuka acara Pelantikan & Rapat Kerja MUI Kota Depok masa bakti 2014-2019 di Jalan Nusantara, Beji, Depok.

Rafani menilai perhitungan Pilpres dengan Pilleg berbeda. Pasalnya, dengan hasil perolehan suara pada pemilu 2014 mengindikasikan parpol Islam naik. Kondisi itu menunjukkan suara umat Islam dalam partisipasi berpolitik naik.

Meski begitu, diakuinya, banyak pihak pesimis dengan rencana koalisi yang berkembang itu. Namun, katanya, masalah tersebut bisa diatasi melalui musyawarah dengan mengusung kepentingan umat Islam. Apalagi, orang Islam sudah banyak andilnya dalam memperjuangkan negara Indonesia. “Kendati kita juga harus mewaspadai adanya ormas yang anti dengan ideologi bangsa seperti Pancasila dan UUD ’45,” tutupnya.

(rinaldi/sir)