Friday, 21 September 2018

Pasca Kios Terbakar

Pedagang Pasar Senen Jualan di Jalanan

Senin, 28 April 2014 — 23:30 WIB
proyeksenen

SENEN (Pos Kota) – Ribuan pedagang Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang kiosnya terbakar menggelar dagangan di jalan, Senin (28/4). Akibatnya, jalan di depan Stasiun Senen arah Jalan Bungur ditutup tidak bisa dilintasi kendaraan.

Mega, 50, pedagang pakaian mengaku terpaksa berjualan di sisi Jalan Raya Pasar Senen agar usahanya dapat bertahan. “Kalau nggak begitu, kami tidak bisa jualan. Sementara kios di dalam ludes nggak bisa ditempati.”

Meski tempat usahanya di lantai 3 terbakar, namun ia masih bersyukur karena masih dapat menyelamatkan sebagian barang dagangannya. “Kalau yang lain banyak yang dagangannya yang ludes terbakar,” jelas wanita yang telah puluhan tahun berjualan.

TEMPAT RELOKASI

Hal senada diungkapkan Rifki, 35, pedagang pakaian yang kiosnya terbakar. Dirinya ikut bersama pedagang lain berjualan di jalan untuk tetap dapat menafkahi anak istrinya. “Kami berharap pemerintah secepatnya menyediakan tempat relokasi.”

Sebelumnya, pasca kebakaran di Blok III Pasar Senen, para pedagang menggelar dagangannya di jalan. Mereka terbagi di dua titik, seperti di Jalan Raya Pasar Senen, banyak pedagang pakaian dan di Jalan Stasiun Senen kebanyakan pedagang sayuran, daging dan perabotan dapur.

3 BULAN LAGI

Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun mengatakan, dengan situasi darurat pasca kebakaran Blok III Pasar Senen, untuk sementara pihaknya mengizinkan para pedagang beraktifitas di sekitar Blok III. Hal itu dilakukan sambil menunggu persiapan Blok V yang rencananya akan dijadikan lokasi penampungan sementara.

“Para pedagang sudah beraktifitas kembali tapi memang situasinya darurat. Kami sedang mempersiapkan lokasi penampungan di Blok V. Harapannya dalam waktu tiga bulan sudah dapat beroperasi,” jelas Agus. (deny)

Teks : Pedagang Blok III Pasar Senen, berjualan di jalan