Tuesday, 17 October 2017

9 Orang Tewas Nenggak Miras Oplosan

Selasa, 29 April 2014 — 16:30 WIB
oplos

KARAWANG (Pos Kota) – Korban miras oplosan di Kecamatan Kota Baru dan Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang menjadi sembilan orang tewas di dua lokasi berbeda. Hingga Selasa (29/4) sore, Polres Karawang masih mengusut kasus miras oplosan yang merenggut nyawa pemuda di Kecamatan Kota Baru, dan Kecamatan Cikampek,  sejak Sabtu (26/4) malam sampai Senin (28) malam.

Kejadian tersebut berlangsung di Kota Baru Karawang, yang pertama enam pria yang tewas yaitu, Rusmana, 25, Endang,20, Yogi Iskandar,21, Feri Herdiansyah,30, Dede sunarya,32, dan Rio Septi Nugraha,18.

Dua korban meninggal pada Sabtu (26/4) malam, sementara empat lainnya tewas secara bertahap dari Sabtu hingga Senin (28/4). Kemudian korban  miras oplosan juga merenggut nyawa tiga pria di Perumahan Griya Cikampek pada Senin 29 April. “Tiga korban tewas itu bernama Zaenal Arifin 45, Ujang Sumarna,35, dan Dede Sunarya,35. Sementara korban kritis bernama Charles,35,”  kata Kapolres Karawang, AKBP Tubagus Ade Hidayat.

Polres Karawang tengah menelusuri sumber minuman keras (miras) yang dibeli para korban, terkait tewasnya sembilan pria yang diduga keracunan usai menenggak miras oplosan.

Bahkan Kapolres Karawang AKBP Tubagus Ade Hidayat, memerintahkan para kapolsek dijajarannya untuk segera melakukan razia miras. “Kami selidiki asal muasal miras yang dikonsumsi korban tersebut. Agar kejadian tak terulang, saya perintahkan seluruh polsek di wilayah hukum Polres Karawang untuk razia miras,” tegasnya.

Tragedi pesta miras oplosan berujung maut itu terjadi di Wilayah Kecamatan Kota Baru dan Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Kejadian pertama di Kota Baru Karawang, Sabtu (26/4). Enam pria bergantian tumbang hingga berujung maut. Korban yaitu Rusmana,25, Endang,20, Yogi Iskandar,21, Feri Herdiansyah,30, Dede sunarya 32, dan Rio Septi Nugraha,18.

Kejadian kedua di Perum Griya Cikampek pada Senin (28/4). Tiga orang tewas yaitu  Zaenal Arifin,45, Ujang Sumarna,35, dan Dede Sunarya,35. Sedangkan satu korban lainnya masih dalam keadaan kritis bernama Charles,35.

“Kejadian di Kota Baru itu lokasi minum-minumnya di pos ronda. Kalau yang di Cikampek tempatnya di rumah kontrakan,” ungkap Kapolres Karawang.

Pihaknya menurut kapolres, sudah meminta keterangan saksi-saksi, selain itu pihaknya menyita sejumlah botol alkhohol dan bungkusan minuman suplemen berenergi di lokasi para korban menggelar pesta miras oplosan.

Mereka mencampur miras yang terdiri dar Miras Topi Miring, Big Bos, Anggur Cap Orang Tua, dicampur sejumlah suplemen energi. “Komposisi campuran atau oplosan yang tidak sesuai aturan itu diduga menyebabkan korban keracunan,” tutur AKBP  Tubagus Ade Hidayat. (nourkinan/yo)

Teks foto : Salah satu korban miras oplosan di Kota Baru , Karawang ketika akan di visum di RSUD Karawang. (nourkinan)