Sunday, 21 July 2019

Psikiater dr Diana Papayungan SpKJ:

Cegah Kekerasan Anak Dengan Pola Asuh Yang Baik

Kamis, 1 Mei 2014 — 16:42 WIB
diana1

DEPOK (Pos Kota) – Tatanan keluarga pola asuh yang baik menjadi bagian meminimalisir kekerasan yang melibatkan anak dan  remaja. “Peran orangtua dalam menanamkan nilai–nilai kasih sayang, moralitas dan spiritual, memperkuat anak dan remaja dalam kehidupan sosialnya,” ujar psikiater RSUD Depok dan RS Bunda Margonda Depok, dr Diana Papayungan SpKJ, saat dihubungi wartawan mengomentari kasus kekerasan pada anak. “Memang kasus-kasus serupa semakin marak.”

Dijelaskannya, tatanan pola asuh yang baik dalam keluarga bisa menjadi penetrasi bagi anak dan remaja. Apalagi dalam tatanan sosial dimana masyarakat dan pemerintah seharusnya melakukan pengawasan sosial terhadap anak dan remaja di lingkungan sekitar.

Sedangkan kemunculan kekerasan yang melibatkan anak-remaja itu, katanya, disebabkan pengaruh film dan video games, buruknya lingkungan sosial seperti tata nilai yang berlaku, fenomena bullying hingga tingkat pergaulan dewasa yang melahirkan perilaku premanisme.

“Belum lagi rusaknya sistem sosial yang menyebabkan perceraian mudah terjadi, rusaknya pola asuh anak, rendahnya tingkat hukuman dan minimnya jaminan keamanan oleh pemerintah,” ujar Diana seraya menyebut sejumlah cara  Mencegah Perilaku Sadistik Pada Anak dan Remaja dalam makalahnya. (rinaldi/yo)