Tuesday, 13 November 2018

Laut Jakarta, Tempat Pembuangan Sampah Terbesar di Dunia

Jumat, 2 Mei 2014 — 6:16 WIB
samlaut

Disiplin warga adalah partisipasi penting yang menjadikan satu negara maju dan lebih beradab. Seketat apa pun aturan dibuat dan diterapkan oleh politisi dan walikota, jika warganya cuek, tidak disiplin, maka peradaban bangsa tetap terpuruk.  Tetap rendah.

Ketika saya datang ke ibukota, saya masih bisa menjumpai warga mandi dan be-a-be di kali. Kini sudah menjadi pemandangan langka. Tapi oknum warga yang membuang sampah di kali masih ada saja.

Beberapa kali ketika saya tur ke pulau Bidadari – atau pulau lainnya – di Kepulauan Seribu, kapal yang kami tumpangi kerap berhenti di tengah laut, karena baling-baling terganjal sampah. Karena banyak warga membuang sampah ke sungai dan akhirnya terbawa ke laut. Laut Jakarta.

Orang bule pernah menjuluki Jakarta – dengan 13 sungainya – sebagai “toilet terbesar di dunia”, karena warga be-a-be (buang air besar) di sana. Kini julukan yang masih cocok adalah Laut Jakarta sebagai “tempat pembuangan sampah terbesar di dunia”, karena warganya masih membuang sampah di sungai dan kemudian terbawa arus sampai ke Laut Jakarta. Miris. – dimas