Tuesday, 21 November 2017

Puluhan Rumah di Bantaran Waduk Pluit Terbakar

Jumat, 2 Mei 2014 — 19:35 WIB
Kebakaran Lahan Gambut di Kalimantan Tengah

PENJARINGAN (Pos Kota) – Puluhan rumah kontrakan yang berdiri di bantaran Waduk Pluit, Kebun Tebu, RT16/17, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (2/5), sore, hangus terbakar. Material bangunan yang didominasi kayu dan triplek membuat api dengan cepat membesar hingga sulit dijinakkan.

Upaya petugas melakukan pemadaman sedikit terkendala akibat sempitnya akses ke lokasi. Dalam tempo sekejap, tiga puluh rumah kontrakan di lokasi padat penduduk itu ludes terbakar dan sebagian besar warga tidak sempat menyelamatkan harta bendanya.

Kebakaran, sekitar pukul: 16.30 tersebut diduga berasal dari kosleting listrik dari rumah Sutarjio, 50. Percikan api kemudian menyambar barang-barang yang mudah terbakar, lalu membesar dan menjalar kebangunan di sekitarnya. Beberapa warga yang mengetahui peristiwa itu berhamburan menyelamatkan barang-barangnya, sementara warga lain berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Saat kebakaran terjadi, warga sempat mendengar beberapa kali ledakan dari rumah warga. Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan, setengah jam kemudian setelah petugas mengerahkan ‎20 unit mobil pemadam kebakaran. Meski tidak ada korban jiwa dan luka-luka, namun puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya.

Untuk sementara korban kebakaran di tamping di beberapa tenda darurat tak jauh dari lokasi. Akibat kebakaran ini arus lalu lintas dari arah Jalan Muara Baru, menuju Pelabuhan Muara Baru di tutup. (ilham/yo)

Foto: Istimewa