Sunday, 16 December 2018

Kepala Desa Gembira UU Tentang Desa Disahkan

Jumat, 9 Mei 2014 — 2:09 WIB
UU Desa Disahkan DPR

BOGOR (Pos Kota) – Kepala Desa Purasari dan Kepala Desa Malasari, Kabupaten Bogor mengaku bergembira dengan telah disahkannya Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa oleh Presiden Republik Indonesia pada 15 Januari 2014 lalu. Pasalnya, regulasi ini memberikan spirit restorasi kedaulatan desa untuk mengelola dan mengatur dirinya sendiri, baik sumberdaya manusia, sumberdaya alam maupun sumberdaya lainnya.

Sedikitnya sepuluh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bogor mengikuti Workshop “Implikasi Undang-undang Desa dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Menuju Kedaulatan Desa”, Kamis (8/5) di IPB International Convention Center (IICC) Bogor.

Selain para kades, kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP) IPB bekerjasama dengan Rimbawan Muda Indonesia (RMI) ini juga dihadiri akademisi, aktivis, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Sebelumnya, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PSP3-LPPM) IPB, Dr. Lala Kolopaking menyebutkan desa perlu membangun dengan memperhatikan kawasan perdesaan. (yopi/yo)

Foto: Istimewa