Monday, 24 September 2018

Lupa, Kalau Ada Nasihat

Jumat, 16 Mei 2014 — 22:57 WIB
Soes-16M

KIAMAT sudah dekat, ini judul cerita sinetron garapan Dedy Mizar yang sudah berjilid-jilid. Bukan tidak ada maksud, Wagub Jabar ini, menggarap cerita tersebut. Yang jelas, di situ, hampir sama dengan cerita-cerita berpangkal agama, pasti berisi nasihat-nasihat.

Tidak ngin menceritakan ulang sinetron tersebut, tapi kalimat ’kiamat sudah dekat’ seringkali diucapkan oleh masyarakat ketika terjadi sesuatu yang sulit dicerna oleh akal sehat. Kasus-kasus yang terjadi setiap hari, di sekitar kita. Mengejutkan dan membuat mata terbelalak, dada berdebar-debar dan hati bertanya-tanya.

Soes-16M-475

Ketika mendengar cerita ada caleg gagal kemudian gila, awalnya orang menyangka itu hanya guyon atau candaan belaka. Tapi, nyatanya memang benar adanya. Caleg gagal, gila, karena terjerat utang piutang yang jumlah rupiahnya ratusan juta, bahkan milyaran?

Kabar terakhir caleg gagal mau jual organ tubuhnya yang vital untuk membayar utang.

Ada orang yang mengaku sengaja mencuri, bukan mengharapkan hasil curiannya, tapi dia ingin agar ditangkap petugas, dijebloskan di penjara. Mengapa? Ya,katanya, hidup di luar pusing, harus mencari nafkah kesana-kemari, tapi susah banget! Jadi ya, pilih dipenjara. Nggak mikir kontrakan dan makanan sehari-hari. Coba apa ini nggak  gila?

Guru yang harus digugu-ditiru, ternyata merusak muridnya. Ada seorang lelaki muda menyodomi seratus lebih anak-anak. Para pejabat yang nggak malu-malu lagi ikut ngantre masuk penjara KPK?

Inikah pertanda kiamat sudah dekat? Entahlah, yang jelas banyak cerita dan nasihat,ternyata hanya ditonton, tidak dicerna sebagai pelajaran. Payah,deh!  – massoes