Sunday, 18 August 2019

Butuh Kapal Penyeberang

Bisnis Wisata di Kepulauan Seribu Semakin Menjanjikan

Senin, 19 Mei 2014 — 7:28 WIB

KEPULAUAN SERIBU (Pos Kota) – Potensi ekonomi di Pulau Seribu cukup menjanjikan, khususnya di bidang wisata. Pasalnya, dalam satu bulan rata-rata peredaran uang yang ada di wilayah tersebut mencapai antara Rp 2 hingga Rp 3 miliar.

Menurut Bupati Kepulauan Seribu Asep Syarifudin dua tahun terakhir ini potensi perekonomian di Pulau Seribu meningkat luar biasa. Indikasi ini bisa dilihat dengan tingginya wisatawan setiap akhir pekan.

“Rata-rata perputaran uang setiap pulau wisata dan hunia mencapai Rp 400 sampak 500 juta perbulanya. Kalau dikalikan lima pulau saja jadi perbulanya sampai Rp 2 miliar uang yang berputar. Ini tentu sangat menjanjikan terutama disektor pariwisata,” kata Asep Syarifunddin.

Di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu kata Asep, ada lima pulau berpenghuni yang memiliki potensi wisata. Yaitu Pulau Untungjawa, Pulau Pari dan Pulau Tidung yang terletak di wilayah Kepulauan Seribu Selatan. Sementara untuk di wilayah Kepulauan Seribu Utara terdapat Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.

Perputaran uang yang mencapai antara Rp 2 hingga 3 miliar ini belum termasuk pulau-pulau resort yang tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Ia pun berjanji akan membangun dan memajukan wilayah Kepulauan Seribu agar lebih dikenal dan menjadi primadona bagi pencinta traveling khusunya mereka yang menyukai keindahan alam bahari.

Bupati juga mengakui meski jumlah wisatawan terus meningkat namun, alat tranportasi belum memadahi. Bahkan pihaknya juga sudah beberapa kali mengusulkan agar ditambah alat tranportasi kapal.

“Kami berharap tahun ini ada tambahan kapal untuk melayani wisatawan maupun warga. Mengingat saat ini banyak wisatawan yang akan datang berkunjung ke Pulau Seribu kesulitan mendapatkan alat tranportasi,”tandas Asep. (Wandi)