Sunday, 23 April 2017

Diduga Dukun Santet,Rumah Dibakar

Selasa, 20 Mei 2014 — 14:26 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SURABAYA (Pos Kota)-Sebuah rumah di Kabupaten Blitar, Jawa Timur dibakar kawanan orang bercadar. Pembakaran misterius tersebut ditengarai, karena pemilik rumah dituding sebagai seorang dukun santet.

Rumah tersebut milik Mbah Satir,80 warga Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Tetapi, bangunan rumah rata engan tanah, serta seisi rumah hangus, dan hanya tersisa gentengnya saja yang pecah-pecah.

Sementara itu, Tim Identifikasi dari Polres Blitar langsung mendatangi lokasi kejadian. Petugas melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dari lokasi, petugas mengamankan beberapa barang bukti, antara lain batu-batu serta kayu yang diduga digunakan oleh pelaku melempari rumah Mbah Sitir, sebelum dibakar.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Unggung Cahyono yang datang ke lokasi mengatakan, motif dan penyebab rumah Satir dibakar karena tuduhan sebagai dukun santet. Korban saat ini diamankan ke Polsek Lodoyo Timur. “Kami perkirakan pelaku berjumlah banyak, hingga ratusan orang. Mereka mengenakan cadar. Kemungkinan besar dari luar desa. Saat ini masih dalam penyelidikan,” ujar Unggung Cahyono, Selasa (20/5)

Menurut warga dan juga tetangga, Mbah Satir selama ini memang sebagai dukun yang suka menolong orang yang membutuhkan. Namun, kebanyakan yang datang ke rumah mbah satir adalah kaum wanita,yang akan pergi ke luar-negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW).

(nurqomar/sir)