Friday, 24 November 2017

Tidak Menjaga Stablitas Harga dan Inflasi, Jokowi Gagal Dapat Penghargaan

Rabu, 21 Mei 2014 — 12:09 WIB
Foto- Presiden Jokowi

Foto- Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masuk katagori sebagai yang tidak mampu menjaga inflasi, dan stabilitas harga kebutuhan pokok. Karenanya, dia tidak mendapat penghargaan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Penghargaan itu diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara Rapat Kordinasi Nasional V TPID 2014, di Jakarta, Rabu (21/5). Hadir dalam acara itu, Menko Bidang Perekonomian Chaerul Tanjung, Mendagri Gamawan Fauzi dan lainnya.

Selain hadir pada kepala daerah seluruh Indonesia dari mulai gubernur, bupati dan walikota, di antaranya, Gubernur DKI Jokowi, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Di Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan lainnya.

Para kepala daerah yang mendapat penghargaan, yakni Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Kota Padang dan lainnya.

Menanggapi tentang dirinya tidak dapat mendapat penghargaan, Jokowi mengatakan untuk menjaga inflasi dan stabilitas harga dibutuhkan adanya stok, atau ketersediaan barang tersebut. “Setelah stok tersedia maka dilihat distribusinya berjalan baik, atau tidak,” papar Jokowi yang juga calon presiden dari PDIP.

Selain itu, lanjut Jokowi, diperlukan koneksi antar-pulau karena kebutuhan beras untuk DKI berasal dari Makassar, Sumatera Selatan, karenanya inter koneksi ini harus disambungkan.

“Kalau masalah ini diatasi maka inflasi dapat diturunkan. Kita pernah memiliki pengalaman inflasi pada angka 1,53 persen ketika saya menjadi walikota,” papar Jokowi.

Menko Bidang Perekonomiaan Chaerul Tanjung mengatakan penghargaan TPID merupakan bentuk penghargaan kepada pemerintah daerah, karena dapat menjaga stabilitas harga dan mampu menjaga inflasi.

“Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi daerah lain untuk semakin meningkatkan perannya dalam mewujudkan stabilitas harga,” tutur Chaerul.

(johara/sir)

  • andika

    Iya bener jadi gak stabil karena inflasinya malah turun, kalau bikin berita jangan dipotong-potong dong.. !

  • Januwar Riyadi

    memangnya keberhasilan jokowi dan ahok mengurangi titik banjir di jakarta mendapatkan penghargaan??????????