Wednesday, 23 May 2018

Anak-Anak Penderita Kanker Harus Lewati Masa Sulit

Kamis, 22 Mei 2014 — 17:03 WIB
kaki1

JAKARTA (Pos Kota) – Anak-anak dengan penyakit kanker terpaksa harus melewati masa-masa sulit dan menyakitkan sepanjang menjalani pengobatan. Sebab proses pengobatan kanker tergolong lama dan membutuhkan kesabaran ekstra. Itu sebabnya, sepanjang menjalani proses pengobatan hingga terapi kanker, anak-anak dengan penyakit kanker harus selalu berada pada suasana gembira. Dan itu bisa diperoleh jika lingkungan sekitarnya memang memberi dukungan.

“Suasana yang gembira dan senang akan membuat anak-anak bisa sabar dan tetap semangat menjalani masa-masa sulit pengobatan,” ujar Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints) Jun De Dios di sela aksi sosial pengecatan Rumah Kita Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Kamis (22/5).

Menurut Jun, menciptakan atmosfer kegembiraan bisa dilakukan dengan memberikan warna-warna cerah di ruangan dimana anak-anak mendapatkan perawatan. Baik di rumah sakit maupun rumah singgah YKAKI.

Karena itu AkzoNobel melalui program CSR melakukan pengecatan Rumah Kita, sebuah rumah singgah bagi anak-anak penderita kanker yang dikelola YKAKI. “Kami yakin bahwa setiap anak penderita kanker memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan, perawatan terbaik, pendidikan dan hak untuk bermain bahkan ketika mereka dalam masa perawatan,” tukas Jun.

Rumah Kita YKAKI saat ini menampung 27 anak penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan di RSCM. Dari jumlah tersebut lebih dari separuh adalah penderita leukemia (kanker darah). Menurut Nugroho Saleh, salah satu pengurus YKAKI, sebagian besar anak penderita kanker datang berobat dalam stadium lanjut. Itu sebabnya, proses pengobatan membutuhkan waktu yang cukup lama minimal 6 bulan.

“Malah ada anak yang sudah lebih dari 3 tahun menjalani pengobatan dan tinggal di Rumah Kita,” katanya. YKAKI sendiri tak hanya menyediakan rumah tinggal bagi anak-anak kanker yang tengah berobat. Yayasan yang berdiri sejak 2006 tersebut juga menyediakan transportasi gratis menuju dan pulang dari rumah sakit, pendidikan formal dan kegiatan edukasi terkait kanker pada anak-anak. (inung/yo)

ka1

Teks foto: Anak-anak penderita kanker di Rumah Kita YKAKI mendapat bingkisan dari AkzoNobel. (inung)