Thursday, 20 July 2017

Delapan Penderita AIDS di Sukabumi Meninggal

Jumat, 23 Mei 2014 — 21:13 WIB
topaids2110

SUKABUMI (Pos Kota) – Seorang penderita Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kembali dilaporkan meninggal. Dengan begitu, sepanjang tahun ini jumlah pengidap penyakit mematikan hingga meninggal menjadi delapan orang.

Kepastian bertambahnya daftar penderita HIV/AIDS meninggal berdasarkan penerimaan laporan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi. Sementara itu, sepanjang tahun ini KPA Kabupaten Sukabumi menemukan penderita anyar sebanyak 35 orang.

Menurut Sekretaris KPA Kabupaten Sukabumi dr Asep Suherman mengaku menerima laporan adanya seorang penderita penderita HIV/AIDS meninggal. Dengan demikian jumlah kasus penderita HIV/AIDS yang meninggal selama tahun 2014 bertambah menjadi delapan orang.

Di lain sisi, Asep memaparkan tingkat penyebaran yang paling rentan masih diduduki oleh Kecamatan Cisaat yakni 18 kasus, disusul dengan Kecamatan Cibadak dan Kecamatan lainya. “Untuk peringkat pertama yang rentan penyebaran kasus HIV/AIDS di Kecamatan Cisaat,” tegasnya.

Untuk saat ini KPA Kabupaten Sukabumi mencatat ada sekitar 324 orang yang sedang ditangani KPA, ia memprediksikan jumlah tersebut akan terus bertambah. Mengingat kasus ini bagaikan gunung es. Tahun ini kasus HIV/AIDS memang terus meningkat.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang bahayanya HIV/AIDS yang hingga kini belum ada obatnya. Tak hanya itu, KPA bersama masyarakat gencar membetuk kader-kader. Dengan tujuan untuk mensosialisasikan tentang bahaya virus tersebut. (sule)