Friday, 20 September 2019

ASEAN Diminta Tingkatkan Perlindungan Pekerja Imigran

Sabtu, 24 Mei 2014 — 11:11 WIB
Cak Imin-n

JAKARTA (Pos Kota) – Anggota ASEAN  diminta mempercepat  komitmen bersama  dalam meningkatkan upaya-upaya  perlindungan pekerja migran yang bekerja di wilayah regional ASEAN.

“Dengan semangat ASEAN, kita semua harus memiliki keinginan dan harapan yang sama terhadap pengembangan Instrumen perlindungan dan pemajuan hak-hak pekerja migran dan keluarganya di kawasan  ini,” kata Menyeri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar, dalam Forum Pertemuan Menteri Tenaga Kerja Asean ke-23  di Myanmar, Sabtu (24/5).

Selama ini, lanjutnya,  negara-negara ASEAN terus berupaya untuk memajukan dan meningkatkan perlindungan yang efektif bagi para pekerja migran. Selain itu, negara-negara ini juga berkomitmen untuk bekerja sama dalam peningkatan instrumen ASEAN  tentang perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran yang diwujudkan melalui penanganan bersama terhadap pekerja migran serta pelarangan pengiriman anak-anak di bawah umur sebagai pekerja migran.

“Semangat kebersamaan dalam peningkatan perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran terhadap eksploitasi dan perlakuan tidak layak dan peningkatan kerja sama regional untuk memerangi perdagangan manusia menjadi bagian penting dari agenda kerjapertemuan  ini,” ujar Muhaimin.

“Melalui semangat ASEAN sebagai satu-kesatuan, diharapkan keberadaan pekerja migran memberikan kontribusi positif dalam pembangunan sosial ekonomi bagi negara-negara anggota Asean,” kata Muhaimin.(tri/yo)

Foto: Istimewa