Friday, 21 September 2018

KA Parahyangan Anjlok Perjalanan Kereta Lewat Selatan Kacau

Sabtu, 31 Mei 2014 — 6:34 WIB
kaaanjlok

PURWAKARTA (Pos Kota) – Kerta Api (KA) 30 Argo Parahyangan jurusan Jakarta-Bandung anjlok di daerah Cisomang perbatasan Purwakarta-Bandung, Jumat (30/5) pukul 22.20 wib. Akibatnya, sejumlah perjalanan rangkaian KA menghubungkan Jabar selatan dan Jakarta terputus.

Kepala Stasiun Purwakarta Cepi dihubungi Pos Kota semalam membenarkan adanya anjlok KA Parahyangan di Cisomang. “Saat ini sedang proses perbaikan dilokasi anjlok. Sejumlah alat berat sejenis crane sudah didatangkan ke lokasi,”ujarnya.

Cepi menyebutkan ada dua rangkaian KA tertahan akibat terhambat anjlok di Cisomang, masing masing KA ekonomi Serayu dan KA Ekspes Harina. Proses pengalihan penumpang (overstapen) telah dilakukan menggunakan 4 armada bus yang telah disiapkan di Stasiun Purwakarta. “Para penumpang Serayu tujuan Tasik, Ciamis dan Banjar diangkut pakai bus ke Stasiun Kiaracondong, sedangkan yang tujuan Cilacap tetap di KA Serayu diputar perjalanannya ke arah utara Cirebon,” jelasnya.

Kapolsek Darangdan AKP Apep Kardan menjelaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa anjloknya KA Argo Parahyangan di Cisomang. “Seluruh penumpang selamat,” ujarnya. Dia memastikan, lokasi anjlok berada jauh dari jalan raya, sehingga sedikit menyulitkan proses evakuasi penumpang.

Dilokasi, saat ini sedang dilakukan perbaikan jalur rel dan evakuasi sejumlah gerbong yang anjlok keluar rel. (dadan)

Teks : Ratusan penumpang menunmpuk di Stasiun KA Purwakarta