Thursday, 15 November 2018

KPU Sahkan Peserta Pilpres

Pasangan Prabowo-Hatta, Jokowi-JK Dikawal 372 Polisi

Sabtu, 31 Mei 2014 — 13:00 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan capres dan cawapres yang akan mengikuti Pilpres 2014 mendatang. Ini dilakukan setelah kedua bakal calon yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa serta Jokowi-Jusuf Kalla dinyatakan lengkap seluruh persyaratan.

“Kedua pasangan yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla resmi kami tetaapkan sebagaiĀ  pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2014 mendatang,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, usai mengikuti rapat pleno di kantor KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (31/siang.

Menurut Hadar, setelah penetapan, selanjutnya KPU pada Minggu (1/6) mengundang kedua pasangan ke KPU untuk mengambil nomor urut peserta Pilpres 2014. “Usai penetapan seluruh pasangan capres-cawapres langsung mendapat pengawalan dari kepolisian,” ujarnya.

Masing-masing calon mendapat pengawalan 93 orang, yang terbagi dalam tiga shift. Berarti polisi mengerahkan 372 personel polisi yang akan mengawal selama 24 jam bagi Prabowo Subianto, Hatta Rajasa, Joko Widodo maupun Jusuf Kalla.

Setelah mendapat nomor urut, KPU akan mendeklarasikan pasangan pada Selasa (3/6) malam di Hotel Bidakara. Sebelumnya, pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto yang melibatkan 49 dokter ahli.

Hasil pemeriksaan menyebutkan, kedua pasangan capres dan cawapres itu dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden selama lima tahun ke depan jika terpilih.

Sebelumnya, Pilpres 2014 ini diikuti dua pasang calon yakni Prabowo-Hatta dan Jokowi-Jusuf Kalla. Prabowo-Hatta dicalonkan Partai Gerindra, PPP, PAN, PKS dan Golkar, sedang Jokowi-Jusuf Kalla diusung PDI Perjuangan, NasDem, PKB dan Hanura. (tiyo)

Foto: Istimewa