Friday, 20 September 2019

Stadion Sao Paulo Laga Pembuka Piala Dunia

Senin, 2 Juni 2014 — 6:40 WIB
pialadunia

SAO PAULO (Pos Kota) – Stadion Arena de Sao Paulo atau Arena Corinthians bakal menjadi tempat laga pembuka Piala Dunia Brasil 2014, antara tuan rumah Brasil melawan Kroasia dari Grup A, pada 12 Juni ini.

Selain laga pembuka, ada lima laga lainnya digelar di sini sepanjang Piala Dunia. Tiga pertandingan babak penyisihan grup lainnya, masing-masing Uruguay vs Inggris (Grup D), Belanda vs Chile (Grup B) dan Korea Selatan vs Belgia (Grup H). Dua laga lainnya adalah satu perdelapan final dan lainnya satu laga semi final.

Stadion yang terletak di kota terpadat nomor tujuh dunia, Sao Paulo tersebut saat ini mempunyai kapasitas tampung sebanyak lebih dari 60 ribu penonton. Namun rencananya jumlah tersebut akan dikurangi sebesar 20 ribu penonton setelah pagelaran Piala Dunia usai.

Stadion yang berlokasi di Av. Miguel Inácio Curi, 111, Vila Carmosina, São Paulo, Brasil itu merupakan stadion baru yang dibangun mulai tahun 2011 lalu. Dengan rumput serat buatan, ada empat layar papan skor Layar LED beresolusi tinggi.

Alasan penyebutan Stadion Arena Corinthians dikarenakan klub Corinthians akan segera menghuni stadion tersebut sebagai stadion kandang mereka. Saat ini, klub yang pernah di huni Carlos Tevez itu masih menggunakan Pacaembu Stadium sebagai stadion home.

Rencana pemindahan tersebut dikarenakan Stadion Arena Corinthians memiliki sejumlah fasilitas dan struktur yang lebih baik ketimbang stadion lama. Diharapkan, nantinya stadion tersebut dapat menambahkan nilai ekonomi bagi sektor finansial klub. Kepindahan mereka ke stadion baru dinilai wajar,mengingat status Corinthians sebagai salah satu klub terbaik di kompetisi domestik Brasil dengan koleksi 5 trofi di kompetisi lokal dan dua trofi di kompetisi Piala Dunia Antar Klub. (awang/ds)

Stadion Sao Paulo di Brasil