Saturday, 17 August 2019

1,6 Juta Personil Gabungan Amankan Pilpres

Rabu, 4 Juni 2014 — 10:19 WIB
sutarman

JAKARTA (Pos Kota) – Menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli mendatang, jajaran kepolisian menyiapkan 1,6 juta personil gabungan dan unsur masyarakat di seluruh Indonesia. Mereka akan bertugas sebelum dan sesudah pencoblosan capres-cawapres yang diikuti dua pasangan calon yakni Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK.

“Untuk pengamanan kita melibatkan personil polisi 254 ribu lebih, TNI disiapkan 23 ribu lebih personil, Linmas 1.050 lebih, total seluruhnay ada 1,6 juta lebih anggota yang dikerahkan Polri untuk pengamanan di seluruh Indonesia,” kata Kapolri Jenderal Sutarman usai rapat koordinasi pengamanan Pilpres dengan seluruh Kapolda se-Indonesia di Mabes Polri, Rabu (4/6).

Ditegaskan Sutarman, pihaknya sudah melakukan latihan pengamanan sejak persiapan Pileg lalu hingga petugas sudah siap menghadapi segala situasi dan kondisi yang akan terjadi saat Pilpres mendatang.

Hingga kini, pelaksanaan latihan pengamanan Pilpres 2014 terus dilakukan di jajaran kepolisian tingkat sektor (polsek) resort (polres) maupun Polda seluruh Indonesia. Mereka di antaranya berlatih mengantisipasi tindakan yang dilakukan pihak-pihak yang tidak puas atas hasil penghitungan Pilpres.

Beberapa lokasi vital seperti depo Pertamina, pintu tol, pusat perbelanjaan dan sentra ekonomi lainnya menjadi lokasi latihan pengamanan yang dilakukan polisi. (tiyo)

Foto: yogi