Tuesday, 30 May 2017

Mahasiswa IPB Beri Masukan Soal Pengelolaan Pulau Terluar

Kamis, 5 Juni 2014 — 14:46 WIB
IPB-Teras

BOGOR (Pos Kota) – Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) memberi masukan kepada pemerintah tentang pengelolaan pulau-pulau kecil dan terluar, utamanya dalam hal penyediaan biomassa mikroalga laut sebagai sumber bioenergi, bahan pangan, pupuk, dan pakan berkelanjutan.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Kaisar Akhir (mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan),  Tegar Julistio Riadi dan Handoko Dyan Aditya (keduanya mahasiswa Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Dosen pembimbing mereka yakni Dr Ir Sri Pujiyati.

Masukan dalam bentuk karya tulis itu berjudul “Sistem Kultur Mikroalga Laut Terpadu untuk Mengatasi Krisis Energi dan Krisis Pangan di Pulau-pulau Kecil dan Terluar Indonesia”.

Selain kepada pemerintah, karya tulis ini ditujukan pula kepada masyarakat sebagai infomasi yang edukatif dan motivatif. Serta kepada generasi muda agar tumbuh semangat-semangat kreatif lainnya untuk memberdayakan pulau-pulau kecil dan terluar Indonesia.

Teknologi kultur mikroalga laut dipilih sebagai komoditas dalam gagasan sistem ini, karena dinilai cukup mudah untuk masyarakat jalankan, dan memiliki potensi yang luar biasa. Dengan mikroalga laut, kualitas air limbah dapat diperbaiki, pencemaran karbondioksida dapat dikurangi dan membutuhkan air laut yang tidak berkompetisi dengan air tawar untuk kebutuhan warga.(yopi/yo)

Foto: Istimewa