Saturday, 25 November 2017

Ternak Sapi di Pemukiman Dikeluhkan Warga

Kamis, 5 Juni 2014 — 15:14 WIB
sap2

PESANGGRAHAN (Pos Kota) – Kelurahan Ulujami masih terus berkordinasi dengan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan untuk memindahkan usaha ternak sapi warga di RT 04/03 Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan.

“Usaha ternak sapi ini sudah lama dikeluhkan warga sekitar karena mengganggu kenyamanan. Pemilik sudah diingatkan untuk segera pindah tapi tak digubris,” kata Guguk Rahayu, Lurah Ulujami, Kamis (5/6).

Pemindahan ternak sapi ini lanjut Guguk, juga untuk merespon keluhan pembaca melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota. Isi pesannya: “Walikota Jaksel, Camat Pesanggrahan dan Lurah Ulujami. Kami warga RT 04/03 Ulujami mohon bantuannya agar usaha ternak sapi di hunian kami dapat segera dipindah ke tempat lain. Kawasan hunian kami sangat padat penduduk sehingga mengganggu kenyamanan hidup kami di sini,” tandas Maksum Kamil, pengirim SMS bernomor 08782598xxx.

Lurah Ulujami menjelaskan ada 4 ekor sapi yang diternakkan pemilik, Yayat. Namun pemilik itu justru tidak tinggal di lokasi melainkan hanya dikelola sejumlah anak buahnya. Sedangkan di lokasi yang tergolong kumuh ini banyak terdapat anak-anak dan balita.

Semula pemilik berjanji akan pindah dari lokasi setelah Hari Raya Idul Adha. Karena keempat sapi itu diternakkan khusus untuk permintaan pasar saat Lebaran Haji. “Namun dari Pemko Jaksel, permintaan itu ditolak karena keberadaan ternak sapi sudah meresahkan warga. Sehingga dikeluarkanlah surat peringatan (SP) I tapi tetap saja dicuekin,” ujar Lurah Ulujami.

Secara terpisah Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jaksel, Nurhasan mengatakan pihaknya segera mengeluarkan SP II dan diikuti pemindahan paksa jika pemilik kembali ngeyel sebagai efek jera. (rachmi/yo)

Teks foto: Lurah Ulujami, Guguk Rahayu meninjau peternakan sapi di RT 04/03 Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jaksel yang dikeluhkan warga. (rachmi)