Saturday, 18 August 2018

Jaktim Jadi Pionir Program BPJS Ketenagakerjaan

Jumat, 6 Juni 2014 — 10:22 WIB
jaktim-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Kota Jakarta Timur menjadi pionir dalam mendukung program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, karena sejumlah kantor walikota, kecamatan dan kelurahan sudah melaksanakan program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Usaha Pemerintah DKI Jakarta melindungi pekerja dalam program Jaminan Sosial Tenaga Kerja sangat tinggi. Usaha ini diimplementasikan dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 30 Tahun 2014 tentang Perlindungan Tenaga Kerja di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta melalui program Jaminan Sosial Pada BPJS Ketenagakerjaan,” kata Agus Supriyadi, Direktur Perencanaan Strategis dan Tehnologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui PTSP, lanjutnya, perusahaan yang akan mengurus berbagai perizinan, diwajibkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Tanpa bukti kepesertaan, pengajuan berbagai izinnya tidak akan dilayani,” kata Agus yang
didampingi Hardi Yuliwan – Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta dalam acara peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PSTP) Kantor Walikota Jakarta Timur.

“Dengan proses ini, saya melihat program ini akan menjadi pioner dan contoh bagi daerah lain dalam melindungi tenaga kerja,”, kata Agus.

Menurutnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sangat mengapresiasi program ini karena sesuai dengan misi saat ini yaitu sebagai penyelenggara jaminan sosial yang memberikan perlindungan kepada tenaga kerja.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Jakarta Timur H.R. Krisdianto mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari perlindungan dan pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat secara umum dan pekerja secara khusus di daerah Jakarta Timur.

Dalam proses ini, seluruh kecamatan dan kelurahan di wilayah Jakarta Timur diharapkan melaksanakan Instruksi Gubernur dengan membuka layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di kantor kecamatan dan kelurahan.
“Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sudah dibuka di PTSP Kecamatan Matraman sejak minggu lalu,” tambahnya.

Dia mengharapkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja dapat bersinergi karena sudah masuk dalam sistem pelayanan Pemerintah Kotamadya Jakarta Timur.

Sesuai dengan pembagian wilayah, terdapat 3 kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jakarta Timur, yaitu Kantor Cabang Pulo Gadung yang berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung, Kantor Cabang Rawamangun yang berlokasi di Jalan Pemuda Rawamangun serta Kantor Cabang Cawang yang berlokasi di Gedung Cawang Kencana – Cawang.

(tri/sir)