Wednesday, 19 September 2018

Mesir Lantik Abdel Fattah el-Sisi Sebagai Presiden Baru Mesir

Minggu, 8 Juni 2014 — 22:37 WIB
President-elect Abdel Fattah al-Sisi is seen during his swearing -in as president in Cairo

KAIRO – Abdel Fattah el-Sissi dilantik sebagai presiden ke 8 Mesir, Minggu (8/6) kurang dari setahun setelah ia membantu menggulingkan pemimpin yang dipilih secara demokratis, Mohamed Morsi.

President-elect Abdel Fattah al-Sisi  shakes hands with interim head of state Adly Mansour during his swearing in ceremony at the presidential palace in Cairo

Abdel Fattah el-Sisi mendapat ucapan selamat dari Ketua Mahkamah Konstitusi Agung Mesir, Adly Mansour – Reuters.

Abdel Fattah el-Sissi diambil sumpahnya di Mahkamah Agung Mesir. Sissi merupakan presiden kedelapan Mesir sejak monarki digulingkan pada tahun 1952.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Maher Samy, yang memimpin upacara, meminta agar Tuhan menyelamatkan Mesir dari kesengsaraan lebih lanjut, karena sudah terlalu banyak darah tumpah selama tiga tahun pergolakan politik di negeri piramid ini.

Dia menyatakan, turunnya Morsi Juli lalu bukanlah “kudeta” militer  dari kantor.

Konstitusi Mesir menetapkan bahwa presiden baru dilantik sebelum dibentuknya parlemen negara itu. Pemilihan untuk parlemen baru diharapkan pertengahan Juli, sebagai bagian dari upaya Mesir mengembalikan lembaga-lembaga demokrasi yang normal.

Para pemimpin Arab, termasuk Raja Abdullah dari Yordania, Emir Kuweit, Raja Bahrain, Saudi Putra Mahkota Salman dan Pangeran Mahkota Abu Dhabi, sebagaimana dilaporkan VoA,  hadir dan disambut oleh penjaga kehormatan di istana presiden setelah upacara.

Sedangkan AS dan Uni Eropa mengirim delegasi tingkat menengah, sementara para pemimpin Turki dan Qatar, tidak diundang. – VoA/d