Tuesday, 25 September 2018

AV Peduli Gelar Ecopreneurship WorkshoW Berwawasan Lingkungan

Senin, 9 Juni 2014 — 10:44 WIB
latihan-sub

JAKARTA – AV Peduli sebuah lembaga non profit berbasis isu lingkungan, melalui komunitas ecopreneurship Startic, mengadakan kegiatan pelatihan dan pameran produk olahan sampah dari sak semen dan bungkus kemasan bertajuk Ecopreneurship WorkshoW.

Kegiatan yang diselenggarakan di BG Junction Surabaya pada 8 Juni 2014 tersebut bertujuan mengajak pemuda menjadi wirausahawan berwawasan lingkungan sekaligus menularkan semangat Ecopreneurship yang unik pada masyarakat luas.

Ketua Pelaksana Startic, Vania Santoso, menuturkan bahwa kegiatan ini sangat menitikberatkan keterlibatan pemuda sebagai agent of change. “Mayoritas pelatihan manajemen sampah yang sudah ada hanya ditujukan untuk ibu-ibu. Kami ingin menginisiasi pelatihan di mall agar bisa diakses semua orang dan secara khusus, diharapkan para pemuda sebagai populasi terbanyak pun dapat berperan aktif di kegerakan ini.”

Ernestine sebagai Humas Startic menambahkan bahwa produk daur ulang umumnya terlalu menonjolkan bahan baku sampah sehingga nilai jualnya menurun. “Karena itu, kami menghadirkan produk daur ulang yang elegan supaya marketable dan bisa bersaing di ekonomi kreatif mendatang. Sampah yang diolah pun memang sampah yang susah dikurangi produksinya, seperti sak semen dan bungkus kemasan.”

Panitia membatasi 30 peserta yang dapat mengikuti praktek langsung pembuatan produk agar penerapan materi dapat berjalan maksimal. Namun, para pengunjung mall pun tetap dapat menyimak proses pelatihan yang sedang berjalan.

Setiap peserta berkesempatan belajar gratis cara mengolah sak semen dan bungkus kemasan menjadi tas unik yang hasilnya dapat langsung dibawa pulang. Pelatihan yang didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Surabaya dan PT PJB ini dilaksanakan sekaligus untukmemperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

(rilis/sir)