Wednesday, 19 September 2018

Ditertibkan, Pedagang Kaki-5 Tanah Abang Melawan

Senin, 9 Juni 2014 — 18:02 WIB
tanahabang

TANAH ABANG (Pos Kota) – Penertiban kawasan Tanah Abang, tak hanya dilakukan dengan merazia parkir liar di lokasi sekitar. Puluhan lapak dan gerobak pedagang Kaki-5, ikut dibersihkan petugas Satpol PP Jakarta Pusat karena dituding menjadi penyebab kemacetan, Senin (9/6).

Dalam penertiban tersebut, petugas mendapat perlawan dari sejumlah pedagang yang menolak barang jualannya diangkut ke dalam truk. Akibatnya, dua pedagang yang dianggap provokator diamankan petugas ke kantor kecamatan untuk dimintai keterangan.

“Kami ini masyarakat kecil yang cuma ingin nyari makan Pak, kalau memang dianggap bikin macet jalan kasih kami tepat layak untuk berjualan biar nggak seperti ini,” keluh Ny.Sartem, 55, salah seorang pedagang di Jalan KH.Mas Mansyur.

Penertiban pedagang Kaki-5 di kawasan Tanah Abang, tersebut sedikitnya mengerahkan 400 personel Satpol PP gabungan dari kecamatan dan kota. Turut meninjau langsung kegiatan tersebut, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benjamin Bukit dan Wakil Walikota Rustam Efendi.

Kasatpol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi, mengatakan sebelumnya telah memperingati para pedagang berkali-kali, tetapi selalu tidak diperhatikannya. “Mereka melawan dan diamankan, nanti kita selesaikan di kantor Polisi, tegasnya.

Adapun kembali semrawutnya kawasan Tanah Abang, tersebut, sambungnya, disebabkan juga karena tingginya intensitas masyarakat yang berkunjung ke lokasi pada saat menjelang bulan puasa. “Silahkan saja mereka berjualan di jalan, tapi kita tidak akan mentolerir,” tegas Yadi. (deny)

Teks :Petugas Satpol PP menertibkan pedagang Kaki-5 di Tanah Abang