Thursday, 15 November 2018

Di Piala Dunia Brasil

Spanyol Siap Pertahankan Gelar

Rabu, 11 Juni 2014 — 7:59 WIB
ilussapin

CAJU (Pos Kota) – Pelatih Tim ‘Matador’ Spanyol, Vicente Del Bosque siap membawa timnya meraih kemenangan di Piala Dunia 2014 di Brasil. Spanyol bertekad  mempertahankan gelar juara yang diraih di Afrika Selatan empat tahun lalu.

Del Bosque mengatkan itu usai memimpin pemainnya jalani latihan perdana sejak mendarat di Brasil, akhir pekan kemarin.

Sesi latihan tersebut berlangsung satu jam dengan beberapa variasi seperti penguasan bola dan sejumlah bentuk latihan dengan menggunakan gawang kecil.

Di akhir latihan, Del Bosque mengadakan latih tanding, Diego Costa, Pedro dan David Silva menjadi penyerang salah satu tim, sementara tim yang lain dipimpin oleh Fernando Torres dan David Villa di lini depan. Hingga latihan usai, tidak ada satu pun penggawa La Furia Roja yang mengalami cedera.

“Kami tahu apa yang dapat dilakukan David Villa. Di ruang terbatas dia masih menjadi salah satu penyerang terbaik dunia. Begitu juga dengan Fernando Torres. Sementara keberadaan Diego Costa, Pedro bisa menambah variasi serangan yang berbeda bagi tim ini,” ujar Bosque.

“Untuk David Silva, saya pikir dia sudah tahu apa yang menjadi tugasnya di lini depan. Semua pemain fit dan sekarang mereka semua sudah tidak sabar untuk bermain,” tambah Del Bosque seperti dikutip AS.

TERABAS PAKEM

Pelatih gaek itu juga membawa sederet punggawa muda seperti Alberto Moreno, Fransisco Roman Alarcon atau Isco, Mario Suarez dan Jorge Resurrecion Merodio atau Koke.

Dengan ini Del Bosque telah menerabas pakem di mana skuad Matador biasanya diisi oleh pemain dari dua raksasa La Liga, yakni Barcelona dan Real Madrid.

“Tim ini bukan lagi cerminan dari Barcelona atau Madrid. Tapi, kami tetap berkomitmen dengan skema 4-2-3-1,” jelasnya.

Dengan menempatkan satu pemain sebagai ujung tombak, Del Bosque juga kerap menugaskan salah satu pemain sebagai ‘False 9’ atau penyerang siluman. Ini yang kemudian selalu menjadi mantra sepak bola Spanyol.
Mereka juga memiliki segudang pengumpan kelas wahid. Tidak heran jika Spanyol masih diyakini sebagai tim favorit di Grup B. Pada laga pembuka, Spanyol akan menghadapi Belanda, Sabtu (14/6) dinihari WIB. (junius)