Monday, 26 August 2019

Jelang Puasa, Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Naik

Kamis, 12 Juni 2014 — 9:55 WIB
pasa

CIPUTAT (Pos Kota) – Warga dan pedagang pasar tradisional di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat untuk memantau kondisi harga kebutuhan pokok yang belakangan mulai merangkak naik. Kenaikkan harga kebutuhan bervariasi mulai Rp2.000 hingga Rp5.000/Kg.

“Kami berharap ada pemantauan dan pengawasan terhadap pendistribusian barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat kecil menjelang bulan puasa dan kegiatan pemilihan presiden bulan Juli 2014 ini,” kata Ny. Riani, warga Ciputat, Kamis (12/6).

Menurut dia, naiknya memang tak begitu banyak tapi kalau dihitung tentunya akan berdampak terhadap masyarakat kecil terlebih kenaikkan terus semakin meningkat menjelang bulan puasa dan Pilpres 2014 mendatang.

Nurdin, pedagang di Pasar Ciputat, mengaku naiknya harga kebutuhan pokok sebelum bulan puasa ini karena pasokan barang kebutuhan pokok dari berbagai daerah bukan hanya dari Pasar Induk Kramat Jati saja tapi dari wilayah Bogor dan Tangerang.

“Naiknya memang tak seberapa hanya sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000/Kg dari beberapa kebutuhan pokok seperti terigu, gula, ayam, ikan maupun jenis sayuran mulai dari cabe merah, cabe kriting, kentang, kelapa dan lainnya,” tuturnya yang mengaku tak bisa berbuat banyak jika sebagian pedagang juga menaikkan harga jual.

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhammad yang mengecek langsung di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Ciputat, Jombang dan lainnya, mengaku menemukan sejumlah kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik menjelang bulan puasa ini.

“Banyaknya keluhan dan permintaan masyarakat terhadap pengecekan sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik membuat jajarannya meninjau langsung ke pasar tradisional,” katanya terlebih menjelang bulan puasa mendatang.

Pihaknya, tambah dia, memang akan melakukan pendataan terhadap sejumlah barang kebutuhan pokok yang mulai naik seperti ayam potong dari sebelumnya Rp30 ribu/ekor kini naik menjadi Rp35 ribu/ekor juga ikan dari Rp20 ribu/kg jenis ikan lele kini menjadi      Rp23 ribu/kg.

“Yang jelas kenaikkan harga kebutuhan pokok disebebkan harga suplai barang yang diterima pedagang berbeda ada yang berasal dari Pasar Induk Kramat Jati, Bogor maupun Tangerang,” tuturnya. (anton/yo)

Teks foto: Kepala Disperindag Kota Tangsel Muhammad saat mengecek harga sayuran di Pasar Ciputat. (anton)