Friday, 23 August 2019

MTQ XXV Ditutup, Kontingen Kepri Juara Umum

Jumat, 13 Juni 2014 — 21:48 WIB
MTQ 2014-n

JAKARTA (Pos Kota) – Juara Umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXV diraih tuan rumah Propinesi Kepulauan Riau (Kepri), dan juara kedua Banten dan ketiga Jawa Barat. Sedangkan Provinsi DKI berada pada posisi juara keenam.

Pengumuman juara  disampaikan Ketua Dewan Juri MTQ Nasional Said Agil Husein al-Munawar di arena MTQ di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat malam (13/6).

Penyerahan piala juara umum oleh Wakil Presiden Boediono kepada Gubernur Kepri M Sani. Provinsi Kepri meraih juara dari seluruh cabang yang dilombakan.

Acara penutupan MTQ Nasional XVV dihadiri  itu, Ny Herawati Boediono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur  Kepri M Sani, dan para gubernur, bupati/walikota, termasuk para ketua DPRD dari seluruh Indonesia, serta ribuan umat Islam.

GALAKKAN EKONOMI DAERAH

Lukman sebelum acara penutupan MTQ Nasional XXV mengatakan, penyelenggaraan MTQ  merupakan tradisi yang dilaksanakan para pendahulu kita, dan ini perlu dijaga dan ditradisikan. Karena dalam MTQ ini tidak hanya yang dilombakan tilawah Qur’an, tapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengamalkan nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Di sisi lain, diakui Lukman,  penyelenggaraan MTQ Nasional juga  positif untuk menggalakkan ekonomi rakyat bagi provinsi yang menjadi tuan rumah.

“Jadi saya pikir secara langsung maupun tidak langsung penyelenggaraan MTQ terkait dengan upaya menggalakkan ekonomi rakyat di daerah, termasuk memperkenalkan  pariwisata daerah. Sebab itu banyak yang menghendaki daerah menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ,” tutur Lukman.

M Sani menyatakan dalam sambutannya mengatakan, alhamdulillah pelaksanaan MTQ berjalan lancar. Masyarakat Kepri menyambut dengan baik pelaksaan MTQ ini, mereka menikmati alunan Al-Qur’an setiap hari yang dibaca para qori dan qoriah.

“Saya juga mengucapkan kepada kafilah yang telah mendapat predikat terbaik. Saya atas nama masyarakat Kepri mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh kafilah penyelenggaraan MTQ ini,” kata Sani.

Penyelenggaraan MTQ pada Tahun 2016 yang akan menjadi tuan rumah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Johara/d)