Friday, 21 September 2018

Hasil LSI: Jokowi Masih Diatas Prabowo

Minggu, 15 Juni 2014 — 16:30 WIB
lsi-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Elektabilitas Jokowi-JK masih diatas Prabowo-Hatta. Meski begitu, kedua pasangan capres dan cawapres berbeda tipis. Demikian hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dirilis, Minggu (15/6/2014)

“Hasil survei yang kami lakukan menunjukan, pasangan Jokowi-JK memperoleh 45%, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 38,7%,” kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (15/6).

Melihat angka yang diperoleh, kedua pasangan mengalami kenaikan elektabilitas. Sedangkan, angka swing voters atau pemilih mengambang berkurang.

“Kita melihat kedua pasangan sudah berhasil mengambil suara swing voter sehingga sekarang angkanya tinggal 16,3%,” lanjutnya.

Jika diperhatikan, persaingan antara kedua pasangan ini semakin ketat. Selisih suara antara keduanya pun semakin dekat.

“Kita melihat, angkanya semakin ketat. Sekarang selisihnya tinggal 6,3%. Jadi bisa dikatakan keduanya masih punya peluang,” ungkap dia.

Survei LSI ini dilakukan pada 1-9 Juni 2014 dengan metodologi multistagerandom sampling. Survei dilakukan kepada 2.400 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin error survei ini mencapai plus minus 2%.

ISU HAM

Isu HAM terkait penculikan aktifis 1998 sangat mempengaruhi lajunya elektabilitas Prabowo-Hatta.

“Jika tidak ada isu HAM atau Aktifis Gate, maka Prabowo bisa mengungguli Jokowi-JK. Sebab, dalam kurun dua minggu ini tidak ada gerakan dari Jokowi-JK dalam berkampanye. Jokowi-JK hanya mengandalkan blusukan,” papar Adjie Alfaraby.

Walau elektabilitas Jokowi-JK masih berada diatas Prabowo-Hatta, namun Adjie Alfaraby menilai keduanya masih berimbang.

(rizal/sir)