Thursday, 19 September 2019

Grup F ARgentina-Iran

Gol Telat Messi Bawa Argentina ke Babak 16 Besar

Minggu, 22 Juni 2014 — 1:33 WIB
Argentina's Messi scores a goal past Iran's Ghoochannejhad during their 2014 World Cup Group F soccer match at the Mineirao stadium in Belo Horizonte

BELO HORIZONTE – Lionel Messi membawa Argentina maju ke babak knock out Piala Dunia 2014. Ia mnejadi pahlawan dengan mencetak gol tuggal pada injury time ke gawang Iran.

Kemenangan ini membawa Argentina berada di puncak klasmen sementara dengan poin 6. Angka ini cukup membawa Tim Tango melangkah ke babak 16 besar setelah memetik kemenangan atas Bosnia HErzegovina pada pertandingan pedana. Iran di peringkat kedua dengan poin satu setelah bermain imbang melawan Nigeria pada laga sebelumnya.

Pertandingan di Grup F antara Argentina melawan Iran berlangsung membosankan. Argentina yang mendominasi permainan terus menekan sepanjang laga. Namun dengan formasi 3 penyerang di depan, Argentina hanya bisa menciptakan satu gol ke gawang Iran.

Pelatih Iran, Carlos Queiroz yang pernah menjadi asisten Sir Alex Ferguson, berhasil menerapkan pertahanan seperti yang diinginkannya. Saking rapatnya, bahkan Messi yang dianggap pemain terbaik dunia tidak bisa berbuat banyak. Ditambah dengan kurang kreatifnya membangun serangan, tembakan-tembakan Argentina banyak yang melenceng atau ditahan dengan mudah oleh kiper Haghighi.

Sepanjang babak pertama, Iran berhasil menunjukkan bahwa tidak terlalu sulit menahan tim favorit juara.
Babak kedua, Iran mulai berani keluar menyerang. Menit ke-52, sundulan Reza Ghoochanneijhad mengancam gawang Argentina. Namun bola masih bisa ditangkap oleh kiper Romero.

Menit ke-56 Dejagah dijatuhkan oleh Zabaleta di kotak penalti Argentina. Seharusnya Iran mendapat tendangan penalti, tapi wasit Mazic tidak bergeming. Di menit-menit awal babak kedua, Iran justru membuat Argentina kocar-kacir dengan serangan yang dibangun dengan rapi.

Hingga pertengahan babak kedua, bola lebih sering berada di tengah lapangan.
Satu-satunya gol tercipta di menit ke-91. Tendangan keras Messi dari luar kotak penalti berhasil melewati tangan kiper Haghighi. Setelahnya, tak ada lagi gol tambahan. Argentina menang 1-0 atas Iran. (fir/yp)

Susunan pemain

Argentina: Romero; Fernandez, Garay, Zabaleta, Rojo; Gago, Mascherano, Di Maria (Baglia 90+4′); Aguero, Messi, Higuain

Iran: Haghighi, Haji Safi, Hosseini,Sadeghi, Nekounam, Shojaei,Timotian, Montarezi, Ghoochannejad,Dejagah, Pooladi