Monday, 19 November 2018

Seminggu Sebelum dan Sesudah

Pemerintah Buat Jalur Khusus Pemudik Lebaran di Pelabuhan

Kamis, 26 Juni 2014 — 9:51 WIB
menhubpantu127

JAKARTA (Pos Kota) – Satu minggu atau H-7 jelang Idul Fitri hingga H+7, pemerintah akan membuat jalur khusus motor di Pelabuhan Merak Banten dan Ketapang, Banyuwanti sepanjang 10 kilometer dari pelabuhan.

Pembuatan jalur khusus ini kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan saat mudik Lebaran pada 2014.

“Dari luar pelabuhan motor akan diatur oleh petugas pelabuhan dibantu aparat Pemda setempat dan kepolisian, sebab selama ini di luar pelabuhan ASDP tidak punya kewenangan, kami sudah berkoordinasi saat repat sebelumnya dan teman-teman dari Pemda dan Kepolisian siap membantu mengatur,” terang Mangindaan.4).

Menurutnya, sepeda motor yang akan keluar Jakarta kira-kira 1,1 juta sampai 1,2 juta. “Kalian bayangkan pengguna sepeda motor segitu banyak. Yang lewat kapal kita harapkan yang kita siapkan 1 KRI, 2 Roro sama 1 kapal Pelni,” tegasnya.
Tidak hanya itu, untuk mengurangi angka kecelakaan dan mengurangi kemacetan. Menhub juga telah menyediakan pengangkutan motor gratis yang dapat dimanfaatkan para pemudik.

Saat jelang Lebaran H-2, Menteri Perhubungan juga telah melarang perjalanan truck pengangkut logistik agar mengurangi kemacetan di jalan saat pemudik lebaran mulai pulang kampung.

(dwi/sir)

 

Foto- dokumentasi