Thursday, 22 August 2019

Pedofila, Mantan Dubes Vatikan Diberhentikan Sebagai Pendeta

Minggu, 29 Juni 2014 — 22:07 WIB
Jozef Wesoowski_Dominican

VATIKAN – Mantan duta besar Vatikan untuk Republik Dominika, Josef Wesolowski, dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan seksual anak dan diberhentikan sebagai pendeta.

Ia adalah pejabat gereja tertinggi sejauh ini yang dihukum dalam kasus paedofilia.

Utusan khusus kelahiran Polandia ini masih harus menghadapi kasus yang sama di pengadilan pidana Vatikan dan jika dinyatakan bersalah bisa mendekam di penjara.

Ia dipanggil pulang tahun lalu setelah laporan-laporan media menduganya melecehkan sepuluh anak laki-laki di Republik Dominika.

Menurut situs BBC, kasus ini juga ditangani aparat penegak hukum di Republik Dominika namun sejauh ini tidak ada dakwaan resmi yang dikeluarkan.

Wesolowski menjalankan tugas sebagai diplomat Vatikan di ibukota Republik Dominika, Santo Domingo, selama lebih lima tahun.

Ia diangkat menjadi uskup oleh Paus Yohannes Paulus II yang juga berasal dari Polandia dan mendapat waktu dua bulan untuk mengajukan banding.

Paus Fransiskus sudah mendesak Gereja Katolik agar segera mengambil tindakan tegas untuk memberantas pelecehan anak dan memastikan semua pelakunya dihukum. – bbc/d