Saturday, 20 October 2018

Pemain Muda Belgia Siap Usir Amerika

Selasa, 1 Juli 2014 — 7:44 WIB
iluspemain

Belgia vs Amerika Serikat
Siaran Langsung ANTV/TV One
Rabu (2/7), Pk. 03.00 WIB
Arena Fonte Nova

SALVADOR (Pos Kota) – Belgia dan Amerika Serikat memperebutkan tiket terakhir babak perempatfinal di Arena Fonte Nova, Salvador, Rabu (2/7) pukul 03:00 WIB. Pasukan muda Belgia siap mengalahkan pasukan Juergen Klinsmann.

Selain berisikan talenta muda, Belgia juga unggul dalam lima kali pertemuan sebelumnya, menang empat kali dan kalah sekali.

Dua kemenangan Marouane Fellaini dkk diraih tiga tahun belakang ini. Pertama 6 September 2011 lewat gol tunggal Nicolas Lombaerts, lalu 30 Mei 2013, Belgia menang 4-2. Sedangkan AS menang 3-0 pada jaman baehula, 13 Juli 1930, di ajang inagurasi Piala Dunia.

Keduanya juga punya perbedaan performa ketika  melangkah ke-16 besar. Belgia tak terkalahkan di Grup H, dan Amerika Serikat kalah sekali dari Jerman, juara Grup F, dengan skor 1-0. AS lolos ke perdelapanfinal karena unggul selisih gol dari Portugal.

Bersama pelatih Marc Wilmots, Belgia yang banyak diisi pemain muda itu menjadi sebuah tim kuat. Mereka melaju ke putaran final Piala Dunia sebagai juara Grup A zona Eropa dengan rekor tak pernah kalah, meski satu grup dengan Kroasia dan Serbia. Dari sepuluh pertandingan, Belgia menorehkan 26 poin, mencetak 18 gol dan hanya kebobolan empat kali.

Fakta-fakta itu membuat Belgia cukup diunggulkan bisa melaju ke perempat final.

LEBIH SIAP

Namun, AS di bawah asuhan Juergen Klinsmann bukan lawan tiga tahun yang lalu bagi Belgia. Di persaingan Piala Dunia ini AS mampu keluar dari grup neraka, yaitu mengalahkan Ghana dan menahan imbang Portugal hingga akhirnya mendampingi Jerman ke babak 16 besar, setelah unggul selisih gol dari tim Selecao Eropa.
Klinsmann, yang tidak punya masalah soal cedera pemain, dan telah mengonfirmasi striker Jozy Altidore bisa ambil bagian pada laga nanti. Ini memberi isyarat mereka lebih siap.

Adapun Belgia krisis lini belakang karena Anthony Vanden Borre dipastikan absen akibat patah pergelangan kaki. Kebugaran Vincen Kompany juga masih meragukan. (prihandoko)

PERKIRAAN PEMAIN
Belgia: Courtois; Alderweireld, Van Buyten, Kompany, Vertonghen; Witsel, Fellaini, De Bruyne; Mertens, Mirallas, Origi.

Amerika Serikat: Howard; Johnson, Cameron, Besler, Beasley; Beckerman, Jones; Bedoya, Bradley, Zusi; Dempsey.