Thursday, 20 September 2018

Kasihan Nusantaraku, Gundul!

Selasa, 1 Juli 2014 — 7:30 WIB
sentilhutan

HUTAN di Indonesia gundul. Ini sebenarnya kabar  lama. Bukan saja  peneliti dari negeri sendiri yang mendapati  data yang memprihatinkan, tapi media asing juga ikut ramai menyoroti.

Kata mereka, Indonesia kehilangan hutan sekitar 47 ribu hektar setiap tahunnya. Ya, tinggal menghitung, deh. Dan tinggal menunggu negeri yang dikenal hijau royo-royo ini akan tandus.

Indonesia bakalan gundul tanpa hutan. Lalu setiap saat akan terjadi tragedi banjir bandang dan cuaca ekstrim dan penyakit yang bakalan timbul gara-gara hutan gundul?

Lalu siapa sih yang menggunduli hutan? Ya, siapa lagi kalau bukan para penebang liar, para pembalak yang dibekingi para bos liar? Mereka ini orang-orang yang hanya mementingkan perut sendiri. Dan sesungguhnya aparat yang terkait tahu banget.

Kalau begitu, mengapa mereka tidak bertindak? O, jangan-jangan mereka juga ikutan menikmati duit dari hutan tersebut?

Nah, kalau nggak merasa terlibat, mengapa diam saja melihat keganasan para pembalak liar? Cepat ambil tindakan dong.Tindak tegas, tanpa pandang bulu. Itu kalau mau menyelamatkan agar Nusantara tetap indah dan subur.

Jangan sampai syair lagu Koes Plus yang mengagungkan kekayaan  dan keindahan alam yang bebunyi ‘hutanku lebat, seperti rambutku’  itu jauh dari kenyataan.

Kasihan Nusantaraku. Gundul! – massoes