Monday, 24 September 2018

Lebaran, Polisi Banten Fokus Amankan Pelabuhan Merak

Selasa, 1 Juli 2014 — 21:39 WIB
Ilustrasi polisi bertugas di lapangan. (ist)

Ilustrasi polisi bertugas di lapangan. (ist)

SERANG (Pos Kota) – Menghadapi arus mudik  lebaran Idul Fitri tahun 2014 ini, jajaran Kepolisian Daerah Banten akan  memfokuskan pengamanan di Pelabuhan Merak yang merupakan titik arus mudik Jawa-Sumatera.

Pelabuhan Merak Padat

Meski demikian, para personil juga ditempatkan di sejumlah pos pengamanan (pospam) yang tersebar disepanjang jalan menuju Pelabuhan, mulai dari Cikande hingga Merak.

Kapolda Banten, Brigjen Pol M Zulkarnaen mengatakan bahwa untuk menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, pihaknya bersama instansi terkait akan memfokuskan pengamanan disejumlah titik vital yang ada diwilayah hukum Polda Banten. Kapolda menegaskan arus mudik lebaran harus berjalan lancar aman dan nyaman.

“Kita juga sudah persiapkan pengamanan untuk lebaran nanti, atau operasi ketupat terutama dititik titik keramaian dan kemacetan, khususnya di Pelabuhan Merak. Insya Allah, semuanya akan berjalan aman, lancar dan nyaman,” ujar Kapolda, Selasa (1/5).

Ia menambahkan untuk menghadapi arus mudik di Pelabuhan Merak, pihaknya juga akan berkordinasi dengan instansi terkait seperti PT ASDP Merak, Lanal Banten untuk pengamanan kawasan Pelabuhan Merak.

“Berdasarkan dari data dan pengalaman arus mudik lebaran Idul Fitri sebelumnya, itu semua sebagai bahan evaluasi menghadapi arus mudik tahun ini” jelasnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi pasar tumpah yang dilalui pemudik dari mulai dari Cikande hingga pelabuhan merak, pihaknya akan melakukan pemetaan dimana saja pasar tumpah yang dapet menimbulkan kemacetan. Kapolda menjelaskan pihaknya  akan melakukan pagar betis dititik pasar tumpah.

“Penyebabnya pedagang yang menjajakan dagangannya di bahu jalan ditambah lagi parkir yang sembarangan. Untuk itu anggota dibantu instansi terkait akan melakukan pengamanan agar lancar” ucapnya. (haryono/d)