Wednesday, 24 July 2019

Vonis Hakim Untuk Anggoro Dituding Copy Paste Tuntutan Jaksa

Rabu, 2 Juli 2014 — 22:44 WIB
anggorohuk

JAKARTA (Pos Kota) – Kuasa hukum Anggoro Widjojo, Thomson Situmeang mengaku tidak mempersoalkan besarnya putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta kepada kliennya. Namun, ia menyayangkan, putusan yang dibacakan itu terkesan hanya menyalin (copy paste) dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kalau masalah berat atau ringannya hukuman itu kan seperti awal memang Pak Anggoro mau dihukum berapapun dia akan menerima. Bukan berarti Pak Anggoro menerima kebenaran fakta yang diungkap versi jaksa sama majelis,” katanya, usai mengawal sidang vonis Anggoro di Pengadilan Tipikor, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/7).

Dalam sidang itu hakim memvonis Anggoro hampir sesuai tuntutan jaksa KPK, yakni 5 tahun pidana penjara dan denda Rp250 juta subsider 2 bulan kurungan. Bedanya, hanya jaksa sebelumnya meminta subsider 4 bulan kurungan untuk denda yang diwajibkan tersebut.

“Saya sengaja membawa surat tuntutan, putusan tadi saya ikuti kata demi kata, itu persis, sehingga itu yang kami bilang di pledoi, bahwa kami sebenarnya meyakini majelis hakim itu tidak akan demikian. Tetapi faktanya putusan hari ini yang dibacakan copy paste dari tuntutan penuntut umum. Oleh karena itu, seperti apa yang kami duga, bahwa apa yang diputuskan majelis ini tidak sesuai dengan fakta,” imbuhnya. (yulian)

Teks : Anggoro (tengah) didampingi penasehat hukum