Sunday, 18 November 2018

Pemprov Banten Siap Layani Pemudik Lebaran

Sabtu, 5 Juli 2014 — 16:29 WIB
Pelabuhan Merak Padat

Pelabuhan Merak Padat

SERANG (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyatakan siap untuk memberikan pelayanan kepada pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2014. Dalam memberikan kelancaran kepada pemudik, pemprov juga menggandeng sejumlah pihak dari kepolisian, PMI, Pramuka, serta pemangku kepentingan lain dengan membuka posko-posko pemudik.

“Bahkan, mulai H-7 dan H+7 Lebaran, semua pemangku kepentingan sudah harus turun di lapangan,” kata Kepala Dishubkominfo Banten, Cepi Safrul Alam, kepada wartawan, Sabtu (5/7).

Ia menyampaikan, saat ini pihaknya sudah menyusun persiapan dalam penanganan arus mudik dan balik. Ia mengungkapkan, diprediksi kenaikan penumpang angkutan darat di terminal-terminal mencapai 1 persen, angkutan laut sebesar 3-7 persen dan angkutan udara 11 persen.

“Yang kami antisipasi juga mengenai lonjakan pemudik yang menggunakan motor,” jelasnya.

Cepi mengungkapkan dalam memberikan kelancaran arus mudik, pihaknya mengantisipasi sejumlah titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan. “Sejumlah titik-titik kemacetan sudah dipetakan, antaralain untuk Kota Serang, yakni Pasar Kalodran, Pakupatan,” ungkapnya.

Mengenai prediksi puncak arus mudik, Cepi menyampaikan, yakni pada H-3 dan H-2 Lebaran yakni pada 25 dan 26 Juli. Untuk arus balik, kata dia, diperkirakan puncaknya pada H+4 lebaran. “Selain itu, kami juga mengantisipasi kemungkinan kemacetan untuk jalur-jalur wisata,” ungkapnya. (haryono/yo)

Foto: Istimewa