Wednesday, 21 November 2018

Charta Politika Sebut Jokowi-JK Ungguli Prabowo-Hatta

Selasa, 8 Juli 2014 — 17:13 WIB
Dokumentasi.

Dokumentasi.

JAKARTA (Pos Kota) – Hasil survei terbaru Charta Politika, lembaga riset dan kajian politik, mencatatkan elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla  masih unggul atas pesaingnya Prabowo-Hatta Rajasa.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menyatakan Jokowi-JK berpeluang besar menjadi presiden/wakil presiden di Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

Itu didasarkan hasil survei Charta yang terbaru yang disampaikan di Jakarta, Selasa (8/7). “Saya prediksikan Jokowi-JK bisa unggul 4 hingga 8 persen dari Prabowo-Hatta ,” kata  Yunarto.

Survei Charta sendiri, kata Yunarto, adalah survei opini publik skala nasional yang dilaksanakan pada 3-6 Juli 2014, melalui wawancara tatap muka (face to face interview).  Populasi survei adalah seluruh warga Indonesia yang telah mempunyai hak pilih dalam pemilu atau telah berusia 17 tahun keatas ketika survei dilakukan. Jumlah pada survei ini sebesar 1.200 responden yang tersebar di 33 Provinsi, dengan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Sampel dipilih sepenuhnya secara acak dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat atau multistage random sampling dengan memperhatikan karakter urban atau rural serta proporsi antara jumlah sampel pemilih di setiap provinsi,” katanya

Hasil survei Charta, lanjut Yunarto, tentang elektabilitas capres dan cawapres,  bahwa dari sisi elektabilitas duet Jokowi-JK masih menggunguli pasangan Prabowo-Hatta. Jika Pilpres dilaksakan pada saat survei dilakukan, Jokowi-JK akan dipilih 49,2 persen responden. Sedangkan pasangan nomor urut satu, hanya dipilih 45,1 persen.

“Sisanya 5,7 persen belum menentukan pilihan atau menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” kata Yunarto. (Johara)

Jokowi dan Prabowo