Thursday, 23 November 2017

Meski Latihan, Pebulutangkis Tetap Puasa

Selasa, 8 Juli 2014 — 7:05 WIB
Tontowi/Lilyana Natsir

Tontowi/Lilyana Natsir

JAKARTA (Pos Kota) – Meski harus melaksanakan jadwal latihan yang padat, atlet bulu tangkis Indonesia tetap berpuasa. Hal itu terlihat di Pelatnas di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (7/7).

Atlet yang tetap berpuasa di sela-sela latihan, antara lain juara All England tiga kali, Tontowi Ahmad. Dia kini sedang menjalani pemulihan cedera pergelangan kaki kanan yang dideritanya pada turnamen Australia Terbuka Super Series 2014. Akibatnya dia tidak menjalani program latihan secara penuh.

“Alhamdulillah sampai hari ini sudah dapat puasa tujuh hari. Memang rasanya haus sih, tapi kemarin-kemarin kan saya belum latihan full, jadi masih kuat. Minggu lalu saya masih pemulihan cedera pergelangan kaki kanan, minggu ini sudah full latihannya dan sepertinya tidak bisa puasa,” ungkap Tontowi.

Begitu juga dengan Mohammad Ahsan, ganda putra juara dunia 2013. Namun pemain asal klub Djarum ini mengaku tak mau memaksakan diri untuk berpuasa jika ia merasa tidak kuat, apalagi ia tengah menjalani program latihan jelang Kejuaraan Dunia BWF 2014. “Kalau latihannya setengah hari, saya biasanya puasa, weekend juga puasa. Tetapi, kalau latihannya full, tidak kuat. Soalnya saya sudah masuk program latihan menuju Kejuaraan Dunia 2014,” jelas Ahsan.

KALAU NIAT BISA
Lukhi Apri Nugroho yang merupakan pemain spesialis ganda campuran juga taat menjalani ibadah puasa. “Saya baru hari ini (Senin 7/7) batal puasa, soalnya kondisi fisik saya kurang baik, takutnya malah setengah-setengah. Sebelumnya alhamdulillah bisa puasa full terus. Paling nggak kuat nahan rasa haus kalau lagi latihan, tetapi kalau niat puasa sih bisa kok,” ujar Lukhi.

Hingga memasuki hari kesembilan, Lukhi memang baru satu hari batal puasa. Selain Tontowi, Ahsan, dan Lukhi, pemain putri pun banyak yang berpuasa seperti Anggia Shitta Awanda, Della Destiara Haris, Gebby Ristiyani Imawan, dan Hanna Ramadini. (junius)

 

Tontowi (kiri) bersama Lilyana