Wednesday, 19 September 2018

Pasca Pasar Senen Terbakar, Jualan di Jalanan Tetap Laku

Sabtu, 12 Juli 2014 — 8:50 WIB
dagang

SENEN (Pos Kota) – Pedagang eks Pasar Senen Blok V yang terbakar, hingga kini masih berjualan di tempat penampungan sederhana dan meluber ke badan jalan raya.  Meski demikian, dagangannya berupa tas maupun pakaian cukup laris-manis pada suasana menjelang liburan Lebaran.

“Alhamdulillah, meski cuma gelar lapak seadanya, banyak orang yang beli,” ujar Mohammad Rahman, pedagang tas di Jalan Raya Senen, Jakarta Pusat, Jumat (11/7). Dia mengaku dalam sehari bisa menjual puluhan tas dengan harga mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 400 ribu. “Banyak warga beli tas besar untuk persiapan mudik Lebaran,” tambahnya.

Abdulrahman, pedagang pakaian juga mengaku beberapa hari ini sedang laku keras. “Mulai dari baju anak-anak sampai dewasa banyak dibeli,” ujar pedagang aneka pakaian seperti kemeja, kaos, baju koko, kopiah, dan lainnya. “Asalkan cuaca baik, nggak ada hujan, omset penjualan mencapai jutaan rupiah,” ujar Abdulrahman yang berharap agar pasar yang terbakar beberapa bulan lalu, segera rampung dibangun.

Di lokasi ini terdapat ratusan pedagang yang sebagian besar berjualan aneka tas dan pakaian. Barang yang dijual di sini terkenal oleh harganya yang murah dan berkualitas bagus. “Kami jualan di sini sejak puluhan tahun lalu, turun-menurun dari kakek, ayah, lalu ke saya,” ungkap Abdulrahman yang mengaku dari usaha ini bisa beli rumah petak di kawasan Senen dan menyekolahkan kedua anaknya.

Kebakaran yang terjadi pada April 2014 mengakibatkan seluruh dagangannya di lantai dua ludes. “Kerugian mencapai seratusan juta rupiah. Lalu saya pinjam uang ke saudara Rp 15 juta buat modal beli dagangan,” kenang pedagang keturunan etnis Padang, Sumatera Barat. Meski berjualan dengan kondisi sederhana, namun transaksi cukup lumayan. “Apalagi kalau pasar baru sudah selesai dibangun, tampaknya penjualan bakal lebih laris,” tambahnya. (Joko)

Teks : Pedagang eks Pasar Senen yang terbakar, berjualan di pinggir Jalan Raya Senen, Jakpus. (Joko)