Wednesday, 21 November 2018

Tingkat Kecelakaan Cukup Tinggi

Pemudik Diimbau Tidak Naik Motor

Selasa, 15 Juli 2014 — 2:03 WIB
iluspemudik

SEMANGGI (Pos Kota) – Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik untuk tidak menggunakan sepeda motor mengingat tingkat kecelakaan cukup tinggi. Warga juga diimbau untuk memanfaatkan program mudik gratis yang pada Lebaran ini banyak diikuti sejumlah perusahaan swasta dan BUMN.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang orang mudik menggunakan sepeda motor namun hanya bisa mengimbau. “Manfaatkanlah mudik gratis, karena banyak kejadian pemudik sepeda motor kecelakaan, bahkan ada yang putranya tewas dalam dekapan, karena kedinginan dan masuk angin, disarankan pemudik motornya dinaikan ke truk, ini lebih baik karena hitung-hitungan ekonomi sama saja hasilnya. Pakai motor jajannya banyak, dan lebih melelahkan,” tuturnya ,  Senin (14/7).

Tercatat sebanyak 16 perusahaan akan menggelar mudik bareng gratis untuk masyarakat. Sekitar 128.060 pemudik dari Jabodetabek akan menikmati mudik bareng yang diadakan perusahaan ini. Sebagian besar kota tujuan berada di pulau Jawa. “Perusahaan tersebut sudah menyewa 1.790 bus mudik gratis, jumlah ini juga diprediksi masih akan terus bertambah,” kata Rikwanto.

Bus mudik gratis juga akan mendapat pengawalan dari petugas. Pengawalan dilakukan berantai, yakni sampai ke perbatasan wilayah hukum Polda Metro Jaya, dan disambung dengan pengawalan Polda setempat. Ia mengatakan, jumlah pemudik bersepeda motor perlu terus ditekan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas saat mudik.

Perusahaan yang menggelar mudik gratis antara lain adalah PT. BRI, PT Adira Finance, PT Giant Hero, PT Giant Hypermart, PT Indosat, PT XL Axiata, PT Wahana Makmur Sejati, PT BNI, Jasa Raharja, Sido Muncul, dan PT Pertamina.

Selain itu produsen sepeda motor Honda dan Yamaha berencana mengangkut sepeda motor dengan truk di mudik Lebaran mendatang. Honda merencanakan mengangkut 1.100 sepeda motor dan Yamaha sedikitnya 300 sepeda motor.

Bahkan, tahun ini ada juga perusahaan yang memberangkatkan pemudiknya dengan pesawat. Seperti Carrefour sebanyak 1.435 orang, Indomaret 200 orang, dan Telkomsel sebanyak 450 orang dengan beragam tujuan di Indonesia. (yahya/yo)

Foto: Istimewa